DISKUSI INTERAKTIF HMPS BERSAMA MAHASISWA VICTORIA UNIVERSITY OF AUSTRALIA

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah (HMPS) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) mengadakan kegiatan diskusi interaktif bersama mahasiswa Pendidikan Sejarah dari Victoria University of Australia (VUA) di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY, Jumat (6/6). Acara yang dilaksanakan ba’da Sholat Jumat tersebut diikuti oleh tiga mahasiswa dari VUA dan puluhan mahasiswa Pendidikan Sejarah FIS UNY dari berbagai angkatan.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan I, Cholisin M.Si. Dalam sambutannya Cholisin mengutarakan pentingnya bertukar informasi dan pandangan antar mahasiswa berbeda negara. Diskusi dengan tema “How to be a Good History Teacher” dilakukan dengan menggunakan Bahasa Inggris sehingga tampak lebih menarik dan dapat melatih kemampuan mahasiswa Pendidikan Sejarah dalam menggunakan bahasa asing.
Meskipun berbeda bahasa, diskusi berjalan dengan semarak dan terarah. Topik yang dibahas pada diskusi antara lain; pengajaran sejarah dunia dan sejarah lokal di Indonesia dan Australia, pengaruh agama dalam perjalanan sejarah di Indonesia, strategi pembelajaran, metode pembelajaran sejarah, dan seputar kurikulum antar kedua negara. Acara diakhiri dengan pemberian cenderamata kepada mahasiswa VUA dan dilanjutkan foto bersama. (rikaz).