JOT Al-Ishlah: Semoga Semakin Amanah

Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Al-Ishlah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) mengadakan JOT (Jamaish On the Road) Minggu (13/7) di Yayasan Al-Islam, Tambak Bayan, Depok, Sleman, Yogyakarta. JOT merupakan salah satu program kerja Seksi Kerohanian Islam (SKI) UKMF dimana pengurus melakukan safari ke panti asuhan dengan tujuan bakti sosial. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensyi’arkan ajaran agama islam dan menjalin tali persaudaraan antar manusia.

Kegiatan JOT yang digelar pada bulan Ramadhan tersebut mengangkat tema “Problematika Remaja”. Menurut ketua pelaksana JOT, Syukur, kegiatan tersebut merupakan sarana bagi para pengurus untuk berbagi semangat dengan anak-anak binaan yayasan Al-Islam. “Kegiatan ini mampu membentuk mental bahwa kita adalah bagian dari solusi masalah remaja, yaitu mengawali dari memperbaiki diri sendiri” imbuhnya.

Lanjut Syukur, kita tidak ingin menjalankan momentum Ramadhan ini dengan sendiri dan melihat anak remaja yang mengalami degradasi moral oleh karena itu Al-Ishlah mengadakan agenda ini dengan harapan nanti ada penerus-penerus bangsa yang bermoral baik dan mampu menghadapi tantangan globalisasi. Kami tidak ingin bangsa ini jatuh ke tangan pemimpin yang tidak bermoral.

Puluhan anak binaan Yayasan Al Islam  sangat antusias dalam acara tersebut. Acara diawali dengan diskusi ringan yang menggugah motivasi tentang semangat menjadi bagian dari solusi problematika remaja, khususnya dalam bidang moral. Dalam acara tersebut juga diselingi dengan hiburan yang mengandung pesan-pesan moral dan ditutup dengan doa bersama menjelang berbuka puasa.

“Terimakasih kepada seluruh dermawan yang sudah menyisihkan banyak uangnya. Mudah-mudahan ramadhan ini berkesan buat kita. Kami berharap bisa meregenerasi pemuda dan pemudi di Indonesia, hingga suatu saat nanti menjadi pemimpin bangsa ini. Mohon doanya agar UKMF Al-Ishlah semakin amanah mengemban tugas sebagai hamba dan kholifah, menjadi sahabat yang nyaman diajak kerjasama dan profesional”, papar Syukur. (Al-Islah)