MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI MENYABET JUARA III LOMBA ESSAY NASIONAL

Kholik mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2012 Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) berhasil menyabet juara III pada ajang lomba Essay Nasional TL EXPO 2014. TL EXPO merupakan sebuah serangkaian acara yang berlangsung dari tanggal 7-27 September 2014 yang di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) menjelang Dies Natalis Universitas Diponegoro (UNDIP). Pada acara TL EXPO 2014 ini berbagai digelar acara seperti: Seberling, Enviro Charity, Enviro Foodfest, Seminar Nasional, Kompetisi Essay dan Fotografi. Acara TL EXPO juga menjadi agenda terbesar dan rutin yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL). Pada kali ini TL EXPO 2014 mengusung tema tentang “Kebijakan Pembangunan Daerah Perkotaan Berwawasan Lingkungan”. Dalam acara puncak TL 2014 kali ini dihadiri Dekan III Fakultas Teknik, ketua jurusan Teknik Lingkungan, Para pembicara seminar nasional, mahasiswa UNDIP, dan para peserta lomba essay dan fotografi dari seluruh Indonesia.

Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya panitia TL EXPO 2014 menugumumkan para pemenang lomba essay. Juara pertama diraih oleh Raden Diky Dermawan (UI), Juara kedua diraih oleh Muhammad Firdaus Kamal (UNAIR) dan juara ketiga diraih oleh Kholik (UNY)

Kholik menyatakan bahwa “Lomba Essay TL EXPO 2014 ini merupakan lomba essay pertama yang diikuti, karena tahun TL EXPO 2013 masih berformat LKTI. Pada ajang Lomba Essay TL EXPO 2014 kali ini diikuti 32 peserta dan bersifat untuk umum. Dalam menentukan kandidat tiga pemenang utama lomba essay panitia menggunakan proses penjurian yang bertahap dan ketat mulai dari tahap seleksi administrasi pendaftaran, seleksi kesesuaian judul dengan tema oleh panitia, penjurian oleh dewan juri dan pakar perkotaan, dan rangkuman essay dalam bentuk poster”. Tegasnya.

Semoga dengan adanya kegiatan menulis essay TL EXPO 2014 akan menjadi wahana mahasiswa dalam mencurahkan ide dan gagasan tentang pembangunan kota yang berwawasan lingkungan. Sementara dengan keberhasilannya menduduki podium ke-3 ini menjadi dorongan dan motivasi untuk terus belajar, belajar, dan belajar karena hakikatnya manusia adalah menjadi manusia pembelajar. Salam Geografi untuk Indonesia (Kholik)