Tahun Prestasi UKMF Penelitian SCREEN

 

Sebuah rasa syukur bagi seluruh pengurus UKMF Penelitian SCREEN, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta yang pada kepengurusan tahun 2014 ini melahirkan berbagai prestasi. Pencapaian berbagai prestasi tahun ini tidak lepas dari visi UKMF Penelitian SCREEN “Mewujudkan UKMF Penelitian SCREEN Sebagai Organisasi Riset Sosial yang Unggul dalam Dedikasi, Prestasi, dan Relasi”. Atas dasar visi inilah tertuang 6 misi kepengurusan 2014. Keenam misi itu terimplementasikan dalam berbagai program kerja dan karya. Poin pertama yaitu dedikasi, sebagai representasi para pengurus untuk menjadi wakil mahasiswa FIS UNY dalam mempelopori iklim kepenulisan dan riset sosial. Sebuah dedikasi pengurus tertuang dalam berbagai pencapaian program unggulan seperti Seminar Nasional Kepenulisan, Student Development Program Bidang Penelitian, dan berbagai program baru lainnya.

 

Sebuah prestasi tidak selamanya berbentuk piala, sebuah dedikasi dan kontribusi pun dapat dikatakan sebuah prestasi yang memberikan manfaat bagi UKMF Penelitian SCREEN itu sendiri, fakultas, dan universitas. Diantara beberapa pencapaian prestasi tahun ini yaitu : Ahmad Agung Masykuri (P.Geografi 2013) meraih Juara 1 Lomba Menulis Surat di Universitas Airlangga, Juara 1 Lomba Poster Eksis UNNES DIY-Jawa Tengah, Juara 2 Poster Metamorphosa FK UNS Tingkat Nasional dan masih banyak lainnya; Ridha Pangestika (P.IPS 2012), dkk pernah meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Public Health Expo 7 FKM Universitas Indonesia; Dimas Aldi Pangestu (P.Sejarah 2013) dan Nur Astri Mitayani (P.IPS 2012) sebagai finalis essay di UNNES, dua tim yang dikepalai oleh Pambayun Hari Setiawan (P.Geografi 2012) dan Anna Rizka Nurani (Ilmu Administrasi Negara 2012) juga lolos mempresentasikan karya di MIPA Untuk Negeri, Universitas Indonesia. Anugerah Mahasiswa Berprestasi 2 Fakultas Ilmu Sosial tahun 2014 pun diraih oleh pengurus UKMF Penelitian SCREEN. Untuk tingkat internasional, Janu Muhammad (P.Geografi 2011/Ketua UKMF Penelitian SCREEN) telah mewakili Indonesia dalam program homestay di Australia, setelah menjalani seleksi ketat Gerakan Mari Berbagi selama 1 tahun. Sebuah kehormatan pula karena menjadi peserta terproduktif dalam menulis artikel selama homestay dan meraih Best Article Australia Homestay Program 2014. Janu Muhammad pada tahun 2013 juga telah mewakili Indonesia dalam Geoscience Summer School, Utrecht University, Netherlands dan beberapa konferensi mahasiswa. Selain beberapa prestasi ini, masih banyak prestasi yang telah ditorehkan pengurus, baik dalam bidang hibah penelitian mahasiswa FIS, SUG UNY,PKM,  LKTI, Essay, Poster, maupun call for paper. Inilah persembahan pengurus tahun 2014 dengan jargon “Semangat Berprestasi, Dedikasikan Diri untuk Negeri”.

 

Pencapaian selanjutnya adalah relasi yang terjalin dalam kepengurusan tahun 2014 ini. Salah satu program baru yang memberikan dampak positif adalah kunjungan UKMF Penelitian SCREEN ke UKM Penelitian UNY dan juga UKMF Penelitian tingkat fakultas. Hasilnya adalah sebuah networking dan partnership dalam beberapa program yang tergabung dalam Forum Berlima. Beberapa lembaga baru yang menjadi mitra dan kerja sama kepengurusan ini yaitu SMP N 1 Sleman dalam program SCREEN Goes to School, Indonesian Scholars Journal (ISJ) dalam kegiatan Seminar Nasional, Badan Riset Mahasiswa FISIP (BARIS) Universitas Brawijaya dalam kunjungan lembaga, dan Center of Excellent Student Yogyakarta. Beberapa pencapaian prestasi ini tentu menjadi motivasi bagi pengurus dan mahasiswa UNY pada umumnya untuk lebih membudayakan kembali menulis, meneliti, dan pengabdian masyarakat yang menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semoga untuk kepengurusan UKMF Penelitian SCREEN tahun selanjutnya dapat lebih prestatif, kontributif, dan produktif. Segenap pengurus UKMF Penelitian SCREEN 2014 mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program kerja dan semangat berkarya. (Janu Muhammad)