PULUHAN MAHASISWA KULIAH LAPANGAN DI JAKARTA-BANDUNG

Sebanyak 86 mahasiswa dan 3 dosen pembimbing dari Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) melaksanakan  Kuliah Kerja Lapangan (KKL) III di beberapa tempat bersejarah di Jakarta dan Bandung, Senin-Jum’at (02-07/02/2015). Rombongan didampingi oleh Dr. Aman, M.Pd (Penanggung Jawab KKL III), Terry Irenewaty, M.Hum dan Danu Eko Agustinova, M.Pd.

Lokasi yang menjadi kunjungan KKL III di Jakarta antara lain Monumen Seroja, Monumen Dwikora, Monumen Trikora, dan Museum Pancasila Sakti. Sementara itu, obyek kunjungan di Bandung adalah Gedung Merdeka Konferensi Asia Afrika (KAA), Meseum Mandala Wangsit Siliwangi, Museum Perjanjian Linggarjati dan Rengasdengklok.

Dosen pembimbing, Aman mengatakan, “Kegiatan ini sangat berkaitan dengan sasaran program jurusan yang menjadi salah satu visi di Universitas Negeri Yogyakarta. Melalui kegiatan ini, iapun berharap mampu mengembangkan daya pikir dan kesadaran para mahasiswa tentang arti penting peristiwa sejarah sekitar proklamasi kemerdekaan dalam proses pembelajaran sejarah. Kegiatan inipun menjadi proses pembelajaran aktif untuk menunjang misi pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan,” katanya.

Menurut salah satu peserta KKL III, Septian Teguh Wjayanto mengungkapkan kegiatan lapangan ini sangat bermanfaat karena memberikan kesempatan kepada para mahasiswa terjun langsung dan belajar tentang bagaimana peristiwa sejarah dengan baik. “Kegiatan semacam ini merupakan kegiatan pembelajaran paling efektif untuk memberikan materi kompherensif tentang Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan, karena mahasiswa dapat belajar secara langsung bagaimana peristiwa sejarah itu terjadi berdasarkan bukti-bukti yang ada.” ujarnya di Fakultas Ilmu Sosial UNY, Senin (10/02).

Kegiatan KKL ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNY. Sehingga para mahasiswa wajib untuk mengikutinya. Dalam KKL III ini pesertanya adalah mahasiswa semester 6, angkatan 2012. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah lapangan ini. Sehingga dapat dikatakan acara ini berlangsung sukses. Kuliah lapangan ini diakhiri dengan refreshing di obyek wisata Kawah Putih, Ciwidey, Bandung Selatan. (Danu)