ROADSHOW HUMAS FIS UNY: TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang diwakili oleh Kepala Humas Pratiwi Wahyu Widiarti M.Si dan tim humas FIS UNY melakukan sosialisasi ke Kabupaten Wonogiri dan Pacitan pada Kamis-Jum’at (19-20/11). Kegiatan dua hari ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonogiri dan SMA Negeri 1 Punung, Pacitan. Pada sosialisasi yang diikuti oleh seluruh siswa kelas IPA dan IPS ini dijelaskan prestasi yang telah diraih FIS UNY, Jurusan/Program Studi di lingkungan FIS UNY, tentang pelaksanaan berbagai jalur seleksi masuk berikut jadwal dan persyaratannya, dan program beasiswa yang bisa diberikan FIS UNY kepada mahasiswanya.
Promosi merupakan salah satu cara yang digunakan oleh FIS UNY untuk dapat menarik minat para calon mahasiswa agar memilih Program Studi/Jurusan di lingkungan FIS UNY sebagai pilihan utama dalam melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi. Adapun kegiatan promosi ini secara rutin setiap tahun dilakukan oleh tim Humas FIS UNY, mulai dari melakukan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah, mengundang para calon lulusan / calon mahasiswa ke FIS UNY, melalui media cetak (Koran), media elektronik (radio), memanfaatkan sarana online (melalui website fakultas)yang selalu tersedia 24 jam sehari, juga melalui penyebaran leaflet, dan poster ke tempat-tempat strategis.
Meskipun peminat di FIS UNY selalu meningkat dari tahun ke tahun, hal ini ditunjukkan dari antusiasme pilihan calon mahasiswa dalam memilih Program Studi/Jurusan saat SNMPTN, SBMPTN dan SM (Seleksi Mandiri) namun FIS UNY  tetap melakukan kegiatan promosi, hal ini ditujukan untuk selalu menjaga dan meningkatkan awareness dan knowledge para calon lulusan dan masyarakat akan kualitas dan eksistensi FIS UNY, sebagaimana disampaikan oleh Koordinator Kegiatan Promosi FIS UNY yaitu Pratiwi Wahyu Widiarti M.Si saat acara sosialisasi di Gedung Aula SMA N 1 Wonogiri kemarin dengan dihadiri 200 orang siswa kelas X.
Hal senada disampaikan oleh Kepala Kerjasama FIS UNY, Rhoma Dwi Aria Yuliantri, M.Pd., seusai membagikan sejumlah leaflet ke beberapa siswa bersama para tim promosi, diharapkan dengan kegiatan promosi intensif yang telah dilakukan, disertai peningkatan kualitas belajar mengajar baik dari sarana prasana fisik dan SDM yang professional serta didukung oleh seluruh civitas akademika, akan mampu mengantarkan FIS UNY bersaing ditingkat lokal, nasional dan internasional, sehingga visi untuk dapat menjadi world class dan fakultas terkemuka dapat tercapai.
Dilain sisi, Dr. Suranto M.Pd., M.Si., selaku perwakilan dari Jurusan Ilmu Komunikasi juga gencar mensosialisasikan program studi Ilmu Komunikasi.  “Ilmu Komunikasi adalah jurusan multi skill yang patut untuk dipelajari dan dikembangkan. Selain itu, saya juga sekedar ingin memberi penjelasan mengenai apa itu Ilmu Komunikasi, karena sejauh ini masih banyak masyarakat yang sulit membedakan antara Ilmu Komunikasi dengan Ilmu  Komputer,” ungkapnya menutup percakapan. Antusias siswa-siswi pun jelas nampak terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang muncul (Danu)