STUDI BANDING SMA NEGERI 1 CIMARAGAS KE FIS UNY

Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Cimaragas Jawa Barat mengadakan studi banding ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), Selasa (22/12/2015). 120 siswa-siswi datang bersama kepala sekolah dan sejumlah guru pendamping. 
Rombongan diterima langsung oleh Wakil Dekan I FIS UNY Dr. Taat Wulandari M.Pd. dan Tim Humas di Ruang Ki Hajar Dewantara Lt. 2 Dekanat FIS UNY. Ketua rombongan SMA Negeri Cimaragas H. Purwadi Permana, M.Pd., mengatakan, pihaknya datang  dari pelosok serta jauh (letak sekolah ini di perbatasan Kabupaten Ciamis dan Kotamadya Banjar, Jabar). Dengan harapan mendapatkan informasi tentang profil UNY secara umum dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru di UNY. 
Taat Wulandari dalam sambutannya mengenalkan semua jurusan yang ada di FIS UNY dan menginformasikan tentang sarana dan prasarana yang dimiliki fakultas. Beliau juga memaparkan tentang animo masuk ke prodi-prodi di lingkungan FIS UNY. Menurut Taat animo siswa untuk masuk ke beberapa jurusan di FIS UNY sangat tinggi seperti Jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Negara. Walaupun untuk Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang baru berdiri. 
Sedangkan Nur Laily Wulansari, S.Kom., salah satu staff  Humas FIS UNY mengulas tentang beberapa alasan mengapa memilih UNY yakni kampus yang mengembangkan pendidikan karakter dalam kehidupan akademis maupun non akademis dengan jargon leading in Character education, lingkungan kampus hijau dan bersih sehingga suasananya nyaman (green and clean university), hampir semua program studi terakreditasi dan terdapat program internasional dan, kampus multikultur/ Bhineka Tunggal Ika (mahasiswa dari 33 provinsi & sejumlah negara). 
Selain itu, sistem jaminan mutu yang baik dan mapan, manajemen terpadu dengan dukungan sistem informasi teknologi, prestasi mahasiswa nasional-internasional, tersedia lebih dari 2.000 paket beasiswa. Para siswa mengaku sangat antusias mengikuti acara ini karena mendapatkan bimbingan dan pengetahuan tentang dunia kampus. Kegiatan yang membandingkan bagaimana cara belajar mengajar disuatu universitas, menurut kami kegiatan ini sangat bagus apalagi untuk anak sekolah menengah atas yang ingin melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi (universitas) mereka bisa mengetahui bagaimana cara belajar mengajar yang berada diuniversitas yang tentu berbeda dengan cara belajar mengajar di sekolah menengah atas . 
kegiatan ini memang menarik apalagi yang benar benar ingin masuk ke universitas negeri seperti UNY. Dan pastinya kegiatan ini dapat memotivasi siswa. Pada season tanya jawab ada beberapa doorprize bagi siswa yang bertanya. (Danu)