UNY BERBAGI DI TEGALSARI BANTUL

Sebagai perwujudan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi dan memeriahkan dies natalis ke 52 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). LPPM bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) sebagai penyelenggara Dies didukung seluruh unit di lingkungan UNY menggelar bakti sosial (baksos) di desa Tegalsari, Srigading, Sanden Bantul, Minggu (3/4). Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A membuka secara resmi acara tersebut.
Dalam laporannya, Kepala LPPM sebagai penyelenggara, Dr. Suyanta, M.Si mengatakan "Dalam baksos tahun ini akan dibagikan sembari 220 paket, peralatan sekolah 75 paket serta pengobatan dan pemeriksaan untuk 200 warga. Selain itu juga ada 250 paket pakaian pantas pakai dari Dharma Wanita Pusat UNY. Setelah senam bersama civitas akademika UNY dan warga, akan dibagikan puluhan doorprize dengan 3 doorprize utama berupa 1 buah sepeda gunung dan 2 ekor kambing bunting. Selain itu juga akan dibagikan 10 pasang ayam dan menthok serta puluhan doorprize hiburan lainnya. Hal ini sebagai upaya UNY membantu warga masyarakat di daerah Tegalsari dan Baran.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul yang berhalangan hadir dan diwakili oleh Asisten administrasi Umum Setda Bantul, Sunarto, S.H., M.M., menyampaikan terimakasih dan sangat mengapresiasi atas kegiatan dan bantuan dari UNY. Sunarto menyampaikan "Kabupaten Bantul sangat terbuka apabila ada baksos atau kegiatan seperti ini di tahun depan atau tahun berikutnya."
Rektor UNY, mengungkapkan kebanggaannya bisa berbagi dengan orang-orang Bantul. "Orang Bantul itu orang-orang yang luar biasa, cepat mengatasi masalah dan keinginan untuk terus maju demi masa depan sangat besar.” Menambahkan dalam sambutannya,  Rochmat menyampaikan, "Untuk itu dengan gerakan bersama keluarga UNY, akan berbagi sedikit ternak yang bisa dikembang biarkan dan bagi yang mendapat sepeda bisa digunakan sebagai kendaraan. Selain itu masyarakat disilahkan untuk memeriksakan diri bagi yang sakit ataupun untuk menanggulangi penyakit. Dan bagi adek-adek yang masih sekolah akan mendapatkan paket sekolah, semoga bisa memberikan manfaat kepada semuanya." ungkap Rochmat bersemangat. 
Rochmat juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga UNY, yang telah menginfakkan sebagian rejekinya dan ikut berbagi dalam kegiatan ini. Rektor juga mengingatkan kepada seluruh warga Tegalsari untuk mengawasi dan mendidik anak-anak dengan sebaik-baiknya. Keberhasilan anak-anak menjadi tanggung jawab kita semua, jangan sampai tergantung pada orangtua, anak-anak harus dididik menjadi mandiri demi masa depan mereka. Rochmat juga menegaskan, "Masa depan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tuanya saja, tetapi lingkungan juga harus ikut mendukung, jadi tidak ada peluang anak untuk bertindak nakal." Ungkap Rektor. Hal ini senada dengan salah satu misi UNY, mengajak masyarakat cerdas agar semakin meningkat derajatnya. (sari)