PERKULIAHAN DOSEN TAMU DARI CHULALONGKORN UNIVERSITY, THAILAND

Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY kembali menyelenggarakan kegiatan guest lecture dengan dosen tamu dari Department Geography, Chulalongkorn University, Thailand pada hari senin tanggal 14 November 2016. Perkuliahan dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan serta pengembangan jejaring kerjasama dengan program studi geografi di negara-negara ASEAN. Kegiatan ini merupakan perkuliahan dosen tamu yang kedua di tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Geografi dengan menghadirkan dosen geografi dari negara-negara ASEAN. Sebelumnya, perkuliahan menghadirkan dosen tamu dari University of the Philippines Diliman pada 17-20 Mei 2016 lalu.
Pada perkuliahan kali ini, dua orang dosen tamu hadir untuk memaparkan materi yaitu Assit. Prof. Dr. Thitirat Panbamrungkij dan Dr. Ekkamol Vannametee. Perkuliahan dengan dosen tamu dibagi ke dalam dua sesi. Pada sesi pertama Dr. Thitirat Panbamrungkij menyampaikan materi tentang Geography of Tourism, Thailand Perspective, sedangkan Dr. Ekkamol Vannametee pada sesi ke dua menyampaikan materi tentang GIS Based Modelling of Hydrological Processes in a Catchment. Perkuliahan ini diikuti oleh 160 peserta yang terdiri dari dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi, mahasiswa Program Studi S2 Geografi, mahasiswa PPG SM3T, serta staf pengajar Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY. Hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Departemen Geografi Chulalongkorn University, Assit. Prof. Dr. Panee Cheewinsiriwat mendampingi kedua dosen tamu, serta memenuhi undangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi sebagai keynote speaker dalam kegiatan The 2nd ASEAN Geography Student Conference yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2014.
Dr. Hastuti, M.Si. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Geografi menjelaskan bahwa kuliah dosen tamu ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama antara Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY dengan Department Geography, Chulalongkorn University. Pada semester sebelumnya, satu orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi telah mendapatkan beasiswa selama satu semester untuk mengikuti perkuliahan di Chulalongkorn University. “Kerjasama ini akan ditindaklanjuti dengan konferensi bersama mengenai hasil-hasil penelitian dari kedua lembaga, ataupun mengirimkan dosen Jurusan Pendidikan Geografi sebagai dosen tamu di Chulalongkorn University” paparnya. (Arif)