JURUSAN ILMU KOMUNIKASI HIDUPKAN LAGI JURNAL INFORMASI

Jurusan Ilmu Komunikasi berhasil menerbitkan kembali Jurnal INFORMASI dengan tepat waktu dalam 2 tahun terakhir. Sebelumnya, Jurnal Informasi dikelola oleh Fakultas Ilmu Sosial sebagai salah satu Jurnal pionir di UNY. Saat Jurusan Ilmu Komunikasi berdiri, pengelolaan INFORMASI diambil alih. Dahulu Jurnal Informasi berisi kajian penelitian ilmu sosial maka saat ini mengkhususkan diri pada topik komunikasi dan media. 
Selama dua tahun terakhir, Jurnal Informasi telah terbit sebanyak 4 edisi tiap bulan Juni dan Desember. Saat ini pengelolaan jurnal ilmiah, termasuk INFORMASI, melalui Open Journal System (http://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/user/register). Melalui sistem ini calon penulis dan pembaca dapat mengakses jurnal secara online. 
Para calon penulis dapat mengirimkan tulisannya melalui lima langkah mudah berikut ini. Pertama, memulai penyerahan naskah dengan memilih beberapa menu.  Kedua, mengunggah naskah dengan melampirkan file.  Ketiga, memasukan metadata naskah yaitu memasukan profil penulis. Keempat, mengunggah berkas tambahan jika ada. Terakhir, mengkonfirmasi penyerahan naskah untuk melihat kemajuan editorial. 
Menurut Ketua Redaksi, Benni Setiawan, SHI., MHI masalah utama yang dihadapi adalah mendapatkan artikel yang berkualitas. Oleh karena itu seluruh dewan redaksi melakukan berbagai cara untuk mendapatkan artikel seperti bekerjasama dengan jurnal terakreditasi, asosiasi profesi dan kelompok riset. “Menghidupkan kembali jurnal yang ‘mati suri’ bukan pekerjaan mudah, namun berkat kekompakan tim Alhamdulillah kami dapat terbit tepat waktu dua tahun ini”, tuturnya. 
Tidak dapat dipungkiri salah satu indikator perkembangan perguruan tinggi adalah penerbitan jurnal. Namun, tak banyak jurnal ilmiah yang mampu tumbuh dan berkembang di Indonesia. Menyadari hal itu, terus Jurusan Ilmu Komunikasi berupaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal dengan menyertakan diri pada kesempatan akreditasi tahun 2017 ini. Dewan redaksi mengajak para peneliti, praktisi, dan pemerhati kajian ilmu komunikasi  dan media untuk berkontribusi (Mia/dyna).