INGIN MENGEMBANGKAN KKNI DAN MEMBANGUN MUSEUM, FIS UM BERKUNJUNG KE FIS UNY

 
Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM), Kamis(19/01) kemarin melakukan kunjungan studi banding di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Rombongan yang berjumlah 10 orang diterima langsung oleh Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag beserta dosen – dosen di Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNY dan tim Unit Urusan Internasional dan Kerjasama (U2IK) FIS UNY. Seperti yang disampaikan Ketua Jurusan Sejarah, FIS UM Dr. Joko Sayono, M.Pd, studi banding ini dalam rangka penyusunan proposal pengembangan museum Universitas Negeri Malang dan Peningkatan Kurikulum Berbasis KKNI.
Joko Sayono menyampaikan dalam sambutannya, “Dengan berkunjung ke FIS UNY kami ingin sharing khususnya tentang KKNI. Kami ingin memantapkan KKNI kami. Untuk tingkat kelulusan mahasiswa yang 8 semester saat ini baru 80%, kami ingin mengetahui untuk jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNY seperti apa. Selanjutnya di FIS UM, Jurusan Sejarah ada 2 prodi, Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. Dimana dipimpin oleh saya sebagai ketua jurusan sekaligus Kaprodi Pendidikan Sejarah dan Sekretaris Jurusan sebagai Ketua Prodi Ilmu Sejarah.Dan seluruh dosen yang ada di jurusan ini home basei-nya sama, belum terpisah masing-masing. Dan ini kemarin sempat menajdi temuan.” Ungkap Joko.
Joko juga menyampaikan ingin mengetahui seperti apa format skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa FIS UNY khususnya Jurusan Pendidikan Sejarah seperti apa. Selain itu, Joko juga mengungkapkan, “Kami mendapat amanah dari Dekan FIS UM untuk mendirikan Museum Pendidikan. Kemarin sudah berkunjung ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan salah satu tujuan berkunjung ke FIS UNY ingin mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan Museum Pendidikan Indonesia (MPI) yang dimiliki UNY. Karena saat ini universitas yang memiliki museum pendidikan baru  UNY dan UPI.” Tandas Joko mengakhiri sambutan.
Dekan FIS UNY, menyampaikan terimakasih atas kunjungan rombongan dari FIS UM ke FIS UNY. Ajat berharap kunjungan kali ini bisa menguatkan kerjasama yang sudah terjalin selama ini. (Sari)