FIS GELAR WORKSHOP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN IT BAGI TENDIK

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta ( FIS UNY) menggelar workshop Pengembangan Kemampuan IT bagi seluruh tenaga pendidikan (tendik) di lingkungannya. Workshop yang diikuti sekitar 50an orang tendi FIS UNY ini digelar di Labaratorium Komuputer, FISNet FIS UNY. Acara yang diselenggarakan Rabu (9/8) ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan II, yang memang bertanggung jawab mengenai Sumber Daya Manusia (SDM) Fakultas, Lena Satlita, M.Si. Sedangkan pemateri atau mentor dalam workshop tersebut adalah Dody Eko Prasetyo, ST
Dalam sambutannya, Lena menyampaikan “Setelah beberapa waktu tidak ada pelatihan atau workshop pengembangan SDM, khususnya untuk tendik. Akhirnya hari ini bisa dilaksanakan. Saat ini hampir di semua penyelenggaraan kegiatan didasarkan pada penggunaan IT, untuk itu kemampuan tendik terhadap IT harus ditingkatkan.”ujarnya. Lena juga menambahkan, meskipun pelaksanaan workshop secara resmi hanya 1 hari saja, namun praktek sebenarnya pelaksanaannya dilakukan setiap hari. Jadi, Lena menghimbau kepada tendik yang sudah lebih mumpuni di bidang IT bisa mengajari, tendik lain yang belum mahir atau belum terbiasa menggunakan teknologi IT di kesehariannya.Dalam kesempatan tersebut, Lena juga berharap para peserta bisa memanfaatkan workshop ini dengan sebaik-baiknya, sehingga kemampuan IT tendik di FIS UNY bisa lebih berkembang dan meningkat.
Dody, pemateri dalam workshop tersebut, menyampaikan tentang bagaimana menjalankan aplikasi excel untuk melakukan penghitungan yang mudah dan bisa minim kesalahan dalam penghitungan. Peserta juga diajarkan bagaimana menggunakan aplikasi mail merge yang sering sekali digunakan oleh para admin khususnya, dan sangat berguna bagi tendik lainnya. Selain itu, para peserta juga diajarkan bagaimana caranya mengubah file data dari file word ke file pdf maupunsebaliknya. Karena hal ini sering sekali ditemui di pekerjaan sehari – hari tendik FIS UNY yang erat hubungannya dengan jurnal dan tulisan dari para dosen maupun mahasiswa.  Di akhir sesi, peserta juga diajarkan bagaima memanfaatkan program yang telah disediakan oleh google, salah satunya adalah google drive.
Dengan diberikan workshop tentang penyegaran IT ini diharapkan kinerja tendik di FIS UNY akan semakin meningkat dan dalam bekerja bisa lebih efisien, sehingga bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Semua peserta pun mengikuti workshop dengan semangat, tidak terkecuali dari unsur satpam maupun driver di FIS UNY. (sari)