FIS GELAR PELATIHAN PEMANFAATAN OPEN ACCESS JOURNAL

Laboratorium komputer FISNet Fakultas Ilmu Sosial (FIS UNY)  menggelar acara Pelatihan Pemanfaatan Open Access Journal, Anti Plagiarisme, Pemanfaatan Mendeley, dan Pengelolaan Staffnew UNY bagi dosen-dosen Fakultas Ilmu Sosial. Workshop yang diikuti sekitar 48 orang dosen perwakilan tiap jurusan dan program studi  di FIS UNY ini digelar di Labaratorium Komputer, FISNet FIS UNY. Acara yang diselenggarakan Selasa (22/8) ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Dr. Taat Wulandari, M.Pd, mewakili Dekan yang berhalangan hadir dalam acara tersebut.
Dalam sambutannya, Dr. Taat Wulandari, M.Pd menyampaikan “Kegiatan seperti ini perlu diselenggarakan. Dengan kegiatan ini ada penyegaran pemahaman mengenai anti plagiarism. Seringkali sebagai peneliti, penulis dan pembimbing tugas akhir mahasiswa, dosen lupa mengenai cara menghindari tindakan plagiat.” Ujarnya. Selain tentang plagiarisme, Taat juga menyampiakan, hingga saat ini staffnew sebagai wahana publikasi karya dosen kepada khalayak masih sangat minim penggunaannya, sehingga perlu untuk diaktifkan dan diisi kembali. Selain itu, berkaitan dengan open acces jurnal, UNY sudah berlangganan dan bisa dimanfaatkan hanya lewat jaringan UNY. Sementara itu untuk mendeley, Taat mengatakan, “Mendeley merupakan aplikasi yang baru diperkenalkan bagi para dosen di FIS ini dan tujuan lain dari program ini yaitu mengenalkan mendeley kepada mahasiswa bahwa mendeley merupakan software yang mudah digunakan dan berbasis free sebagai software “Citation and Reference Manager”. Sehingga diharapkan para dosen dapat lebih dimudahkan dalam penulisan karya ilmiah.” papar Taat dalam sambutannya.
Pemateri dalam kegiatan ini didatangkan dari perpustakaan UNY, Wahyudiati,S.Sos., M.A. Wahyudiati dalam pelatihan ini menyampaikan tentang anti plagiarisme dan open acces journal. Wahyudiati, dalam paparannya, menyampaikan tentang bagaimana sebuah tulisan itu dianggap sebagai plagiat. Peserta diberikan beberapa contoh tulisan-tulisan yang plagiat.
Sedangkan untuk pemateri pengisian staffnew oleh Kepala Lab.FISNet, Iqbal Arpannudin, M.Pd yang menyampaikan tentang trik-trik mengisi staffnew yang mudah dipahami oleh para peserta. dan pemateri mendeley dari tim jurnal Program Pascasarjana UNY, Syarief Fajaruddin, S.Pd yang juga sebagai Mendeley Advisory mengenalkan mendeley sebagai software yang pada fungsi utama nya adalah pembuatan daftar pustaka otomatis. Dalam pelatihan tersebut peserta juga diajarkan cara pengoperasian dari software mendeley mulai dari fitur-fitur di dalamnya, sitasi menggunakan mendeley, penggunaan mendeley di situs-situs penyedia jurnal, dan pengenalan style-style sitasi yang biasa digunakan dalam penulisan karya ilmiah. (iqbal & sari)