UNIVERSITAS RIAU STUDI BANDING KE FIS UNY

Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Riau melakukan studi banding ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada hari Selasa (24/7/2018). Tujuan studi banding adalah untuk mengetahui program-program yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNY dan fasilitas-fasilitas pendukung kegiatan perkuliahan. Rombongan yang terdiri dari 3 dosen dan 66 mahasiswa tersebut disambut oleh dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNY di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. “Selamat datang di FIS UNY, semoga dengan adanya kegiatan ini kita dapat saling bertukar informasi mengenai berbagai hal terkait pendidikan sejarah baik kegiatan perkuliahan, kegiatan mahasiswa, penelitian dan informasi penting lainnya” ungkap Kaprodi Pendidikan Sejarah, Dr. Dyah Kumalasari M. Pd.

Pada kesempatan tersebut Dyah mengatakan bahwa visi Prodi pendidikan sejarah adalah menciptakan lulusan yang memiliki kecerdasan dan kearifan sosial yang berdimensi moralitas religius dalam menghadapi tuntutan dunia global. Adapun  misinya adalah menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam bidang keguruan, menumbuhkembangkan kemampuan meneliti bagi dosen untuk mengembangkan IPTEKS, dan menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan bagi kehidupan masyarakat. “Pencapaian visi dan misi tersebut didukung berbagai fasilitas misalnya lab. sejarah, lab. microteaching dan perpustakaan FIS UNY. Kami akan tunjukkan beberapa fasilitas di FIS pada akhir sesi ini” imbuhnya

Pemaparan tentang prodi dilanjutkan dengan presentasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta (HMPS UNY) tentang divisi-divisi yang ada dalam organisasi berserta program kerja yang dijalankan. Kunjungan diakhiri dengan mengunjungi laboratorium, perpustakaan Sejarah, dan berbagai proyek pengembangan ilmu pengetahuan yang telah dilakukan. Dosen dan mahasiswa Universitas Riau juga ditnjukkan berbagai koleksi buku dan skripsi hasil karya Mahasiswa Pendidikan Sejarah FIS UNY. (Tri/Eko)