MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI GELAR BAKTI SOSIAL DI PANTI ASUHAN MUSTIKA TAMA

Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan sosial untuk saling berbagi rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan antar sesama. Bakti sosial diadakan dengan tujuan – tujuan tertentu. Sebagai contohnya, Bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh mahasiswa mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan. Kegiatan bakti sosial juga dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogykarta (FIS UNY) Periode 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (26/8/18) di Masjid Panti Asuhan Mustika Tama Bantul.

Salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNY, Harry Prayoga, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin HIMAKOM yang diselemggarakan setiap tahun sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan. Bakti sosial ini dihadiri oleh H.M. Yamin (Ketua Yayasan Mustika Tama), Paiman Budi Sarjono (Ketua Panti Asuhan), 20 adik-adik Panti Asuhan Mustika Tama, dan 40 Mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNY. Bakti sosial ini juga dimanfaatkan oleh pengurus, anggota HIMAKOM, dan masyarakat setempat sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi.

“Terimakasih banyak kepada HIMAKOM FIS UNY yang telah menyambangi kita di sini untuk berbagi kasih sayang kepada adik-adik. Kami berharap silaturahmi ini bisa terjaga sampai nanti. Kami juga selalu membuka pintu bagi mahasiswa agar dapat sesekali berkunjung ke sini dan dapat bermain bersama dengan adik-adik panti” ujar Paiman Budi Sarjono

Diakhir sesi baksos, adik-adik panti menampilkan suguhan yang memukau dengan bernyanyi lagu-lagu ciptaan dari Panti sendiri sebagi lagu kebanggaannya. Mereka juga merasa bahagia dan senang bisa menerima mahasiswa HIMAKOM tanpa ada rasa canggung sekalipun. Bahkan setelah acara telah selesai, mereka masih ingin bermain dengan mahasiswa untuk berbagi canda, tawa, cerita, dan pengalaman. “Inilah yang HIMAKOM harapkan dari kegiatan bakti sosial ini. Tidak hanya selalu materi yang kita berikan, tetapi canda, tawa, kasih sayang, dan kebahagiaan merupakan tujuan utama kami untuk dapat saling berbagi terhadap sesama” jelas Harry (Eko)