HIMA PIPS FIS GELAR LOMBA CERDAS CERMAT TINGKAT SMP/MTS SE-JAWA

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS (PIPS), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) SMP/Mts se-Jawa pada hari Sabtu (8/9/2018). LCC yang berlangsung selama dari pukul 07.00 pagi sampai 16.00 sore tersebut dilaksanakan di LPPM UNY dan diikuti oleh 41 Tim. Setiap tim lomba beranggotakan tiga siswa perwakilan SMP/Mts se-Jawa dan masing-masing tim didampingi oleh satu orang pendamping dimana para pendamping diberikan workshop kewirausahaan. Adapun pembicara workshop adalah Anik Widiastuti, M.Pd yang merupakan salah satu dosen Pendidikan IPS.

Ketua Hima PIPS, Bima Purba Tangkas, mengatakan bahwa LCC merupakan bagian dari Olimpiade IPS 2018. Adapun rangkaian kegiatan Olimpiade IPS 2018 meliputi lomba cerdas cermat SMP, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk SMA, dan seminar. Olimpiade IPS merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan. “Kami berharap para peserta dapat meningkatkan kemampuan kognitif melalui lomba-lomba yang kami selenggarakan. Kami juga berharap semua pihak baik guru IPS, dosen, masyarakat dapat memperoleh manfaat yang positif sehingga mereka terdorong untuk bersama-sama memajukan bangsa ini.”jelasnya

Muhammad Fikri Ardian Saputra selaku Ketua panitia LCC menambahkan bahwa LCC ini terbagi menjadi tiga babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Pada babak penyisihan, seluruh peserta disaring menjadi 9 tim yang akan memasuki babak semifinal. Pada babak semifinal, 9 tim tersebut disaring lagi menjadi 3 tim untuk maju ke babak final. Juara 1 LCC tingkat SMP/Mts ini diraih oleh SMP N 8 Yogyakarta yang mendapatkan Piala Gubernur dan uang pembinaan, Juara 2 diraih oleh SMP N 1 Klaten yang mendapatkan Piala Bupati dan uang pembinaan, dan untuk juara 3 dimenangkan oleh SMP N 1 Wates yang mendapatkan piala prodi jurusan Pendidikan IPS dan uang pembinaan sebanyak.

“LCC ini dapat menjadikan motivasi tersendiri bagi para peserta lomba agar tetap bersemangat belajar dan terus berprestasi mencapai sebuah hasil yang maksimal. Selain itu juga dapat mengenalkan jurusan Pendidikan IPS kepada masyarakat secara tidak langsung” imbuhnya. (Eko)