KOLABORASI MAHASISWA FIS – FMIPA UNY SABET JUARA 2 LOMBA ESAI NASIONAL PSYCHOSCIENCES 2018

Awal Bulan Oktober 2018 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menorehkan prestasi lagi di tingkat nasional. Kali ini, berhasil menyabet Juara 2 dalam Lomba Esai Nasional Psychosciences yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Trunojoyo Madura, Selasa – Kamis (2-4/10) lalu. Esai yang diangkat tim yang terdiri dari Asyif Awaludin Romadhoni (Pendidikan Sejarah 2016) dan Fajar Meirani (Pendidikan Matematika 2016) ini tentang pengembangan potensi kearifan lokal yang ada di suatu desa melalui mekanisme sinergitas pemberdayaan masyarakat dan stake holder, yaitu pemerintah daerah untuk mewujudkan sebuah desa wisata.
Menurut Asyif, kearifan lokal yang dimiliki oleh Indonesia sangat banyak dan beragam. Sayangnya masyarakat belum mengembangkan potensi tersebut untuk dikembangkan lebih baik lagi. “Menurut kami ketika di suatu daerah itu memiliki potensi, misal kuliner atau kerajinan, atau kesenian, seharusnya masyarakat harus mengembangkannya menjadi hal yang menarik dan menjualnya” ungkap Asyif.
Ditmbahkan Fajar, Meskipun jaman sudah berubah mejadi modern, namun pelestarian adat, budaya maupun kekayaan yang dimiliki itu tetap harus dilestarikan, namun diolah dengan cara yang modern juga. “Karena kita sekarang hidup di era modern pelestarian perlu dilakukan dengan cara modern dan mudah diterima masyarakat. Oleh karena itu kami menawarkan bagaimana pengembangan potensi lokal tersebut melalui mekanisme pemberdayaan masyarakat. “Imbuh Fajar.
Dicontohkan oleh Asyif, gambaran realisasi program mereka ini dengan tetap bekerjasama dengan pemerintah untuk bisa dikembangkan. “Misal di desa tersebut ada kuliner yang unik dan enak, kenapa kita nggak kembangkan menjadi desa wisata kuliner? Itu kan belum ada. Terus ada potensi sejarah di desa tersebut, kita kembangkan sebagai desa wisata sejarah. Tetapi mekanisme pemberdayaan yang kami tawarkan itu bekerjasama dengan Pemerintah Desa, Organisasi Pemuda, Organisasi PKK tentunya karena mereka penggeraknya. Lalu kami mengajak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah untuk bergabung menanamkan sadar wisata. Kan itu bisa menumbuhkan jiwa kreativitas masyarakat dan menambah pendapat masyarakat.” Ungkap Asyif, sambil tersenyum.
 Fajar Meirani tidak menyangka bahwa gagasan yang ditawarkan tersebut bisa meraih Juara 2. Pasalnya mereka di sini bersaing dengan kurang lebih 100 paper yang masuk dan disaring menjadi 5 Besar dan ternyata 5 besar paper tersebut berasal dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Sumatera Utara. “Alhamdulillah kami bisa mengembangkan dan memberikan yang terbaik untuk UNY tentunya. InsyaAllah ini baru awal dan kami harus belajar lagi.” tambah Fajar.
Tim UNY berhasil meraih Juara 2 dalam kegiatan tersebut mengalahkan tim Universitas Sumatera Utara sebagai Juara 3, tim Institut Teknologi Bandung dan Universitas Airlangga di posisi Harapan 1 dan 2. Dalam kegiatan ini juara 1 diraih oleh Universitas Gadjah Mada. “Apapun hasilnya kami sangat bersyukur Alhamdulillah karena bisa memberikan yang terbaik, semoga kami tetap istiqomah untuk berkarya.” imbuh Asyif. Selamat tim! Great Job! Lanjutkan! (sari)