FIS UJI COBA DIGITAL LIBRARY SEBELUM LAUNCHING

Dalam rangka mempermudah mahasiswa untuk mengakses sumber-sumber referensi digital, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) kembangkan perpustakaan digital (digital library). Digital library ini merupakan perpustakaan digital pertama di UNY yang ada di tingkat Fakultas. Digital library FIS UNY ini rencananya akan dilaunching pada bulan November 2018. Wakil Dekan II FIS UNY, Lena Satlita, M.Si mengatakan bahwa sekarang ini eranya adalah era digital jadi melalui perpustakaan digital ini diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mengakses berbagai sumber materi seperti e-book, jurnal, dan skripsi dengan mudah.

Sementara itu, Kabag TU FIS UNY, Yuyun Farida, M.Biotech, mengatakan bahwa digital library ini merupakan bagian dari program pengembangan FIS UNY. Sebelum di launching, digital library ini harus di ujicoba terlebih dahulu. Uji coba dilaksanakan pada hari Kamis (25/10/2018) dengan melibatkan mahasiswa FIS UNY untuk mengakses informasi menggunakan komputer yang telah disiapkan di ruang digital library. Kemudian mahasiswa juga diminta untuk memberikan masukan terhadap digital library tersebut. Hasil uji coba akan dievaluasi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangannya agar dapat ditingkatkan.

“Digital library FIS UNY ini untuk sementara berada di gedung PKM FIS lantai tiga, akan tetapi kedepannya digital library akan dipindah di ruang Cut Nyak Dien karena Ruang Cut Nyak Dien terletak di tengah-tengah fakultas  sehingga mudah diakses oleh mahasiswa” jelas Yuyun

Menurut salah satu mahasiswa FIS, Leonardro, digital library ini sangat membantu mahasiswa untuk mencari referensi dari jurnal maupun e-book. “Selain itu, digital library sangat membantu mahasiswa mencari informasi berkaitan dengan tugas-tugas kuliah” paparnya

Pengelola digital library, Daning mengatakan bahwa digital library FIS  sudah terkoneksi dengan koleksi e-book yang dimiliki oleh digital library UNY. Selain itu, mahasiswa dapat mengakses jurnal-jurnal yang sudah dilanggan oleh UNY serta memberikan akses koleksi skripsi digital yang dapat menjadikan referensi bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun sekripsi. (Eko)