SEMARAK GEOGRAFI TINGKAT NASIONAL VIII DI UNY

Semarak Geografi Tingkat Nasional VIII 2018 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Georafi (HMPG), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada tanggal (27–28/10/2018) bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS dan Ruang Sidang Utama, Rektorat UNY. Rangkaian kegiatan Semarak Geografi Tingkat Nasional VIII 2018 terdiri dari Lomba Fotografi, Lomba Poster, Lomba Karya Tulis Ilmiah,  National Geographic Competition, dan Seminar Nasional. Menurut panitia penyelenggara, Arif Fahrizal, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan HMPG yang bertujuan untuk memasyarakatkan keilmuan geografi dikalangan siswa SMA.

Arif menambahkan, Semarak Geografi VIII mengusung tema “Mewujudkan Pariwisata Indonesia Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan di Era Digital”. Peserta kegiatan merupakan siswa SMA yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Bali, Kendari, Pare-Pare, Lampung, Kaltara, dan wilayah Indonesia lainnya berjumlah 200 siswa sedangkan peserta Seminar Nasional Semarak Geografi VIII berjumlah 130 orang.

“Dalam rangkaian kegiatan semarak geografi tersebut dilaksanakan pelatihan ecobrick oleh Willa Lutfi Kholbiyulhusna yang diikuti oleh pendamping peserta dan panitia. Pelatihan  ini bertujuan untuk melatih peserta mengolah sampah plastik yang ramah lingkungan. Selain itu, panitia semarak juga menggelar babak penyisihan perlombanaan National Geography Competition (NGC) yang serupa dengan olimpiade Geografi dengan tujuan untuk menguji pengetahuan peserta tentang displin ilmu Geografi. Pada NGC ini peserta diuji tentang materi yang berkaitan dengan disiplin ilmu Geografi.” jelas Arif

Pemenang rangkaian lomba dalam Semarak Geografi VIII 2018 berdasarkan cabang lomba yaitu Lomba National Geographic Competition, Juara 1 Ahmad Zainudin Mahfud dari SMA Kesatuan Bangsa, Juara 2 Satya Adi Wicaksana dari SMA N 1 Yogyakarta, Juara 3  Arifa Zulfa Assa’adah dari SMA N 1 Purbalingga. Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara 1 Ade Wardani dari SMA N 2 Tarakan, Juara 2  Benita Grace Stefani dari SMA N 2 Semarang, Juara 3 A. Alif Hayyumil Bisri dari SMA N 1 Bangil. Lomba Fotografi, Juara 1 Muhammad Dondy Kurniawan dari SMA N 4 Magelang, Juara 2 Alexis Favian Adeputra Wijaya dari SMA N 4 Yogyakarta dan Juara 3 Dimas Adyarakha dari MAN Kota Magelang. Lomba Poster, Juara 1 Fatahillah Faisal Risqiawan dari SMA N 2 Semarang, Juara 2 Jatmi Adnan Alwi dari SMA N 1 Kota Mungkid, Juara 3 Arifa Zulfa Assa’adah dari SMA N 1 Purbalingga. (Eko)