FIS UM DISKUSI BARENG FIS UNY

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (FIS UM) kunjungi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada hari Jumat (2/11/2018) guna saling bertukar informasi (sharing) berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan. Rombongan FIS UM yang terdiri dari Wakil dekan III, Dosen, Kabag TU, Tendik dan Mahasiswa disambut di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY oleh Dekan, Wakil Dekan, dan dosen pembimbing kemahasiswaaan FIS UNY. Dekan FIS UNY, Prof. Dr.Ajat Sudrajat, M.Ag. menyambut baik kegiatan ini dan berharap kedua universitas dapat saling berbagi informasi serta dapat menjalin kerjasama.

Dalam sharing session tersebut, Ajat menjelaskan bahwa banyak sekali prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa FIS UNY, bahkan pada tahun ini mahasiswa FIS ditarget 80 prestasi internasional. Menambahkan apa yang disampaikan oleh Ajat, Wakil Dekan III FIS UNY, M. Nur Rokhman, M.Pd. mengatakan bahwa para mahasiwa berprestasi di FIS UNY diseleksi dan selanjutnya diberi penghargaan oleh Fakultas. Hal ini sebagai wujud apresiasi FIS kepada mahasiswa yang telah berprestasi dan memotivasi mahasiswa lain untuk berprestasi.

Berkaitan dengan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Ajat mengatakan bahwa jumlah proposal PKM FIS yang diajukan ke tingkat universitas tahun ini kurang lebih 160 sedangkan total satu universitas sebanyak  900 proposal. Proposal tersebut selanjutnya akan diseleksi. Berbagai upaya dilakukan oleh FIS UNY untuk  untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal PKM dengan melakukan koordinasi secara intensif dan mensinergikan antara  pendamping kemahasiswan, HIMA dan mahasiswa. FIS juga membentuk posko-posko mahasiswa dimana posko tersebut menjadi tempat diskusi dan sharing tentang pembuatan proposal PKM.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan III FIS UM, Dr. I Nyoman Ruja, S.U mengatakan bahwa jumlah PKM di FIS UM tidak sebanyak dengan jumlah yang ada di FIS UNY. Saya berharap mahasiswa UM dapat termotivasi oleh teman-teman mahasiswa di FIS UNY. “Jangan hanya media sosialnya saja yang semarak tetapi karya ilmiahnya juga harus tidak kalah semarak" kata Nyoman memotivasi puluhan mahasiswanya.

Kasubag Pendidikan FIS UM menambahkan, FIS UM menyediakan dana kepada ormawa sekitar 35 juta untuk menyelenggarakan kegiatan. Untuk mencairkan dana tersebut, mahasiswa mengajukan proposal ke fakultas untuk diseleksi. Dana mahasiswa dikelola oleh fakultas dalam bentuk kegiatan seperti PKKMB, pelatihan jurnalistik, dan workshop. Support dana juga diberikan kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan perlombaan.

Puji Wulandari Kuncorowati, SH.,M.Kn. yang merupakan pembimbing kemahasiswaan jurusan Pendidikan Kewaganegaraan dan Hukum (PKnH) menjelaskan, salah satu kegiatan kemehasiswaan yaitu Makrab (Malam Keakraban). Agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik, setiap kegiatan makrab didampingi oleh dosen dimana dosen tersebut juga ikut menginap pada saat kegiatan makrab.

Selain kegiatan akademik, lanjut Puji, mahasiswa PKnH juga menyelenggarakan kegiatan lain seperti kegiatan olahraga yang dikompetisikan. Kegiatan tersebut didanai oleh Fakultas dan juga beberapa sponsor. Bahkan, Kata Nur Rokman, alokasi dana untuk kegiatan mahasiswa sudah ditingkatkan dengan tujuan untuk mendukung kegiatan mahasiswa. “FIS juga memfasilitasi beberapa komunitas mahasiswa tingkat fakultas misalnya komunitas mahameru untuk pencinta alam, komunitas loemintu untuk pecinta drama dan  teater; serta komunitas futsal dan bola basket” pungkasnya. (Eko)