Ajak Anak Cintai Lingkungan Sejak Dini Melalui Tanam 2000 Pohon

Hutan memiliki peranan penting untuk hidup manusia dan juga ekosistem lingkungan. Hutan menyumbang oksigen untuk manusia akan tetapi keserakahan manusia terhadap hutan sudah semakin parah misalnya penebangan pohon secara liar yang membuat hutan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini menimbulkan berbagai macam bencana yang menimpa lingkungan di sekitar kita seperti banjir dan tanah longsor. Untuk meminimalisir dampak tersebut dan dalam rangka memperingati Hari Tanam Pohon yang jatuh tanggal 28 November, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) mengadakan acara tanam pohon.

Menurut pelaksana kegiatan, Muhammad Harry Prayoga, kegiatan tanam pohon dilaksanakan di Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul pada hari Kamis dan Jumat, tanggal (29-30/11/2018). Acara dengan tema “Tanam Sebatang Pohon, Petik Sejuta Kebaikan” ini bekerja sama dengan SDN Dadapayu 1, Madawirna UNY, Balai Desa Dadapayu, Badan Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Yogyakarta dan masyarakat setempat. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 2000 bibit pohon, salah satu jenis pohon yang di tanam yaitu bibit pohon sirsak, sengon, nyamplung dan bibit pohon lainnya.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi tersebut menambahkan, acara dimulai pada hari Kamis di Balai Desa Dadapayu dengan agenda sosialisasi kepada anak-anak tentang pentingnya menanam pohon dan bagaimana cara menanam pohon. Setelah acara selesai, anak-anak diajak melukis caping sesuai dengan kreativitas mereka. Caping tersebut digunakan untuk menanam pohon pada hari berikutnya. Keesokan harinya, anak-anak SDN 1 Dadapayu terjun ke lapangan untuk menanam pohon yang telah disediakan. Mereka sangat bahagia dengan acara ini. Di akhir acara, siswa-siswi SDN Dadapayu 1 melepaskan 28 ekor burung emprit sebagai tanda peringatan hari menanam pohon.

Asih Rochana selaku Kepala Sekolah SDN Dadapayu 1 mengaku sangat senang terlibat dalam acara ini. Ia berharap semoga pada tahun berikutnya Jurusan Ilmu Komunikasi FIS UNY tetap melaksanakan acara tanam pohon di Desa Dadapayu, Semanu, Gunung Kidul. Hal senada diungkapkan oleh Deny selaku perwakilan dari perangkat Desa Dadapyu. “Acara ini sangat baik dan bermanfaat bagi desa kami. Apalagi penanaman pohon dilakukan oleh anak-anak yang merupakan penerus bangsa, semoga ditahun berikutnya acara ini bisa terlaksana lagi karena terdapat banyak lahan kosong disini” jelasnya (Maysa/Harry/Eko).