WORKSHOP BIMBINGAN TAS ONLINE FASILITASI MAHASIWA SEMESTER AKHIR

Bimbingan Tugas Akhir/Skripsi online sudah mulai diterapkan di Universitas Negeri Yogyakarta dengan menggunakan Sistem informasi SIBIMTA. Sistem informasi SIBIMTA merupakan sistem yang dibangun untuk membantu kelancaran dan kemudahan dalam pelaksanaan bimbingan tugas akhir/skripsi. Selain itu sistem ini diharapkan dapat membantu untuk memonitoring selama penyusunan tugas akhir/skripsi oleh mahasiswa. Guna membekali mahasiswa semester akhir dengan teknis dan prosedur bimbingan Online, Prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) gelar workshop bimbingan tugas akhir/skripsi untuk mahasiswa semester akhir di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY pada hari Senin (21/1/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh dosen Ilmu Sejarah FIS dan mahasiswa angkatan 2015. Kaprodi Ilmu Sejarah FIS UNY, HY Agus Murdiyastomo, M.Hum dalam sambutannya menjelaskan bahwa workshod tersebut bertujuan memfasilitasi mahasiswa semester akhir terkait dengan teknis bimbingan tugas akhir/skripsi online.

 “Selama ini mahasiswa datang ke saya satu-persatu untuk menanyakan prosedur teknis bimbingan tugas akhir/skripsi online. Pada awalnya hanya beberapa mahasiswa yang datang untuk bertanya, tapi lama kelamaan banyak yang datang ke saya menanyakan hal yang sama. Berangkat dari situ, saya mengadakan workshop ini sehingga semua mahasiswa dapat memperoleh penjelasan langsung tentang prosedur teknis secara serentak sehingga akan lebih efektif”jelas Agus

Agus menambahkan, workshop ini dapat memfasilitasi mahasiswa semester akhir yang sudah menyelesaikan teori. Harapannya para mahasiswa tersebut tidak mengalami kesulitan dalam melakukan bimbingan tugas akhir/skripsi secara online. Selain itu, mahasiswa dan dosen dapat menggunakan sistem Sistem informasi SIBIMTA bimbingan tugas akhir/skripsi online dengan dipandu langsung oleh Dwi Suluh Pribadi yang menangani sistem bimbingan online di FIS UNY.

Dalam workshop tersebut, Dwi Suluh Pribadi memandu langsung para mahasiswa maupun dosen yang hadir untuk mengakses sistem bimbingan online. Sistem online dapat diakses menggunakan email UNY. “Silahkan langsung log in menggunakan email masing-masing, saya akan pandu dari awal”jelas Dwi. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa maupun dosen praktek langsung menggunakan sistem bimbingan online dan diakhiri dengan tanya jawab berkaitan dengan kesulitan yang dialami selama menggunakan sistem (Eko)