FHIS UNDIKSA DAN FIS UNY BERBAGI KIAT OPTIMALKAN KEGIATAN KEMAHASISWAAN

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Wakil Dekan III Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha (FHIS Undiksha) ikuti sharing session di Ruang Ki Hajar Dewantara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada hari Selasa (29 /1/2019). Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Dekan III FIS UNY, M. Nur Rokhman, M.Pd. dan pengurus BEM FIS 2018. Dalam sambutannya M.Nur Rokhman mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan sharing session dan berharap dapat saling berbagi kiat-kiat maupun informasi berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan. “Forum semacam ini sangat bermanfaat baik bagi mahasiswa FHIS  Undhiksa dan FIS UNY untuk saling berbagi informasi maupun kiat-kiat untuk mengoptimalkan kegiatan kemahasiswaan”ungkapnya

M. Nur. Rokhman menambahkan, BEM FIS berada di bawah koordinasi Wakil Dekan III oleh karena itu kami dari bidang III selalu mengupayakan dana untuk menunjang kegiatan BEM. Setiap tahun dana yang dialokasikan untuk BEM sekitar 16 juta. Namun masih ditambah alokasi dana dari kegiatan kemahasiswaan lainnya.  Di tingkat Fakultas kami juga memiliki beberapa UKMF. UKMF merupakan unit kegiatan kemahasiswaan yang tidak tertampung di tingkat Universitas sehingga kami fasilitasi di Fakultas. Ada dua UKMF di FIS UNY ini yaitu UKMF screen yang bergerak dalam kegiatan penelitian dan UKMF AL-Islah yang bergerak dalam bidang keagamaan Islam karena mayoritas mahasiswa di sini adalah muslim. Keberadaan UKMF screen tersebut sangat membantu mendongkrak program penelitian mahasiswa sehingga jumlah proposal untuk PKM yang diajukan mahasiswa menjadi meningkat dari posisi enam menjadi posisi ketiga di UNY ini. “Itu menjadi salah satu strategi kami meningkatkan jumlah penelitian mahasiswa” paparnya

Selain BEM, UKMF, dan Hima, lanjut M. Nur Rokhman, FIS UNY juga memfasilitasi beberapa komunitas mahasiswa misalnya Mahameru, Loemintu, Futsal, dan Basket. Komunitas mahameru merupakan komunitas yang tidak hanya mengeksplore alam tetapi juga melakukan penelitian-penelitian tentang alam bahkan komunitas ini pernah menemukan suatu jenis tanaman langka melalui penelitiannya. Sementara itu, komunitas Loemintu merupakan komunitas dalam bidang sastra dan drama sedangkan komunitas Futsal dan Basket mewadahi mahasiswa dalam bidang keolahragaan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan III FHIS Undhiksa, I Wayan Treman S.Pd., M.Sc. menjelaskan bahwa FHIS  merupakan fakultas yang memiliki 3 jurusan dan 7 prodi. Dalam bidang kemahasiswaan kami memiliki keterbatasan dana. Dana kemahasiswaan kami sebesar 10%-12% dari dana DIPA Fakultas sehingga kami harus mencari strategi agar dengan dana yang terbatas tersebut kegiatan kemahasiswaan dapat dilaksanakan dengan baik. Salah satu cara kami mensiasati keterbatasan dana adalah dengan melakukan penghematan anggaran. Penghematan  kami lakukan dengan menggabungkan beberapa kegiatan yang serupa.

I Wayan Treman menambahkan, selain melakukan penghematan kami juga  mengadakan event besar misalnya Social Studies Competition yaitu lomba Olimpiade IPS untuk siswa SMP se-Bali, Social Harmony, dan bahkan kami pernah menyelenggarakan event yang menghadirkan band internasioanl yaitu SID. Melalui event yang kami kelola tersebut, kami dapat menghasilkan dana yang besar sehingga dapat digunakan sebagai kas untuk membiayai kegiatan kemahasiswaan lainnya.

“Kami sangat berterimakasih kepada FIS yang telah memfasilitasi kegiatan sharing session ini. Banyak informasi berharga yang kami peroleh sehingga kami dapat menerapkannya di FISH Undhiksa. Kami berharap mahasiswa FIS UNY juga dapat berkunjung ke FHIS  Undhiksa suatu waktu nanti”pungkas I Wayan Treman mengakhiri paparannya.  (Eko)