PRODI ILMU SEJARAH DORONG MAHASISWA LULUS CEPAT

Banyak mahasiswa yang “menghilang” atau tidak muncul ke kampus ketika sudah selesai teori sehingga perlu adanya upaya mendorong mahasiswa agar memiliki motivasi dalam menyelesaikan tugas akhir sekripsi. Salah satu upaya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan percepatan studi untuk memotivasi mahasiswa dan sebagai ajang sharing tentang kendala  yang dihadapi mahasiswa. Demikian disampaikan oleh Kaprodi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), HY. Agus Murdiyastomo, M.Hum saat menyampaikan sambutan dalam acara Percepatan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Ilmu Sejarah Angkatan 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (28/3/2019) di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY.

Agus menambahkan, kegiatan percepatan studi rutin diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Sejarah FIS UNY. Harapannya, dapat terjadi akselerasi kelulusan mahasiswa yang seharusnya 4 tahun menjadi kurang dari 4 tahun. “Para dosen prodi Ilmu Sejarah siap mendampingi saudara-saudara semua agar bisa lulus dengan cepat dengan catatan saudara juga harus bekerja keras dan rajin” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Danar Widiyanta, M.Hum berharap mahasiswa angkatan 2016 ini dapat lulus dengan predikat cumlaude karena beberapa kuota lapangan kerja misalnya formasi CPNS diberikan kepada lulusan cumlaude sehingga dapat diuntungkan jika para mahasiswa lulus dengan predikat cumlaude.

Danar juga memberikan beberapa tips untuk menyelesaikan tugas akhir skripsi antara lain buat deadline sendiri disertai peringatan yang membuat saudara merasa rugi kalau meninggalkan mengerjakan sekripsi, usahakan memilih tema penelitian yang disukai dan pahami, pilih tempat yang nyaman untuk membuat berkonsentrasi tinggi, Kurangi nongkrong supaya lebih fokus dalam mengerjakan, pilih teman yang dapat memotivasi untuk lulus, minta doa restu kepada orang tua, dan panjatkan doa kepada Tuhan YME.

“Anda perlu membuat target pribadi misalnya dalam waktu 1-1,5 bulan anda menyelesaikan bab I dan berikan reward kepada diri anda ketika dapat mencapai target sehingga anda lebih bersemangat. Selain itu, anda juga perlu meluangkan waktu 3-4 jam sehari untuk mengerjakan skripsi supaya tidak malas. Dengan demikian saya yakin anda dapat lulus dalam waktu cepat”imbuhnya (Eko)