PESTA DEMOKRASI FIS, SUHADI TERPILIH SEBAGAI DEKAN PERIODE 2019 - 2023

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, baru saja selesai menggelar pesta demokrasi, dengan menyelenggarakan rapat senat dalam rangka pemilihan Dekan FIS UNY untuk periode kepemimpinan 2019 -2023. Rapat senat yang diselenggarakan Jumat, 5 Juli 2019 di ruang sidang Ki Hajar Dewantara FIS UNY ini dihadiri oleh seluruh anggota senat, 2 orang dosen perwakilan dari Jurusan, 1 orang tendik dari perwakilan subag dan 1 orang mahasiswa dari perwakilan Organisasi Mahasiswa (ormawa). Dalam Pemilihan dekan kali ini ada 2 orang dosen yang mencalonkan diri dan mendapat ACC dari rektor UNY, yaitu Dr. Suhadi Purwantoro, M.Si mendapat nomor 01 dan Dr. Suranto, M.Pd., M.Si mendapat nomor 02. Rapat senat kali ini dilaksanakan menggunakan dua tipe. Terbuka dan tertutup. Sidang senat terbuka digelar untuk mendengar penyampaian visi dan misi bakal calon dekan FIS Periode 2019 – 2023. Setelah penyampaian dilakukan oleh kedua calon Dekan, rapat senat dilanjutkan dengan rapat tertutup yang hanya dihadiri oleh anggota senat dan panitia saja. Dari rapat senat tertutup tersebut, dengan cara voting tersepakati untuk pemilihan dekan tidak dilaksanakan dengan system voting tapi melalui musyawarah antar calon dekan.
Dari hasil musyawarah antar calon Dekan tersebut disepakati bahwa Calon Dekan dengan nomor 1, yaitu Dr. Suranto, M.Pd., M.Si menyatakan menyerahkan formasi/jabatan calon dekan kepada Suhadi. “Atas ijin Bapak Suhadi Purwantoro, saya diminta menyampaikan hasil musyawarah kita berdua. Hasilnya adalah : Dengan mempertimbangkan, mempunyai niat yang sama untuk kepentingan FIS untu segera Bersatu rekonsiliasi, Saya Suranto menyatakan pada hari ini menyerahkan formasi atau jabatan calon dekan terpilih kepada Bapak Dr. Suhadi Purwantoro. Selanjutnya, kesepaktan kami berdua juga, saya akan mendampingi sebagai wakil dekan, dan Bapak Suhadi Purwantoro mengakomodir.” Demikian pidato singkat Suranto, calon dekan menyampaikan hasil musyawarah para calon dekan tersebut.
Sebelum sidang tertutup tersebut, para calon dekan telah memaparkan visi dan misi mereka. Sebagi nomor urut 1, Suhadi menyampaikan visi, “FIS selambat-lambatnya tahun 2022 haus bertaraf internasionaldengan melaksanakan penelitian dan penerbitan karya ilmiah kelas dunia yang unggul, kreatif dan inovatif didasari nilai – nilai Pancasila berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan. Suhadi menyampaikan, “tujuan utama saya adalah pembentukan karakter mulia, dan misi utama saya adalah menjadikan  jurnal atau artikel dosen dan mahasiswa bertaraf internasional.  Selain itu harapan capaian yang akan terwujud adalah Penerbitan jurnal internasional yang terakreditasi, penambahan prodi baru dan menambah kunjungan tamu – tamu internasional, baik dari luar ataupun mengirim dosen kita ke luar negeri.”paparnya. Suhadi juga menambahkan, mulai tahun 2020 artikel yang terakreditasi scopus maupun sinta akan meningkat secara signifikan.
Sedangkan Suranto menyampaikan, acuan pengembangan FIS UNY, dalam memenuhi tuntutan global yaitu revolusi industry 4.0 dan Society 5.0, akan menjadikan fakultas kita tidak tertinggal secara teknologi dan akan mendukung kebijakan UNY. Dalam hal ini khususnya tentang kontrak UNY dengan kementrian untuk mewujudkan 16 indikator kinerja UNY. Suranto menyampaikan untuk visinya adalah menjadikan fakultas yang unggul di Asia Tenggara pada tahun 2025  dalam menghasilkan Pendidikan dan ilmuwan social yang berjiwa keindonesiaan, inovatif dan ungul berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan. Dan untuk misinya lebih ke kegiatan-kegiatan operasional untuk mewujudkan hal tersebut. Suranto menambahkan, dalam bekerja ia mempunyai acua dalam bekerja yaitu aTeken Tekun dan Tekon bakal Katekan. “Dalam bekerja saya mempenyai acuan yaitu Ateken Tekun lan Tekon bakal kaTekan, maksudnya apabila kita bekerja, berpegangan pada nilai luhur, karakter yang mulia secara tekun/serius, insya Allah akan tercapai atau kaTekan.”ucapnya mengakhiri penyampaian visi dan misinya.
Akhirnya kedua calon Dekan akan memimpin bersama warga FIS UNY menuju Fakultas yang lebih baik tentunya. Selamat untuk Bapak Suhadi dan Bapak Suranto, semoga amanah bias diemban dengan baik dan memberikan baroak yang melimpah untuk seluruh warga FIS UNY. Jayalah FIS jayalah UNY. (Sari)