MAHASISWA UKM MALAYSIA IKUTI SHORT COURSE DI FIS UNY

Tiga belas mahasiswa Jurusan Sosiologi-Antropologi Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) ikuti short course di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang berlangsung pada tanggal 29/7-5/8/2019. Kepala Divisi Kerjasama Internasional, Unit Urusan Internasional dan Kerjasama (U2IK) FIS UNY, Dr. Nurul Khotimah, M.Si., membeberkan bahwa awalnya UKM mengajukan permohonan kunjungan ke FIS UNY, akan tetapi U2IK FIS mencoba menegosiasi UKM dengan menawarkan kegiatan short course karena kegiatan short course memiliki manfaat yang lebih besar dan akhirnya disetujui sehingga kegiatan short course ini terlaksana di FIS.

Kegiatan short course dikemas sedemikian rupa oleh tim U2IK. Salah satu kegiatannya adalah serial perkuliahan yang diampu oleh beberapa dosen FIS diantaranya, Dr. Nurul Khotimah, M.Si. (Pendidikan Geografi), Saefur Rochmat, Ph.D.(Pendidikan Sejarah), Utami Dewi, M.PP. (Administrasi Publik), Grendi Hendrastomo, MM., M.A (Pendidikan Sosiologi), Nur Endah Januarti, M.A. (Pendidikan Sosiologi ) dan Gilang Jiwana Adikara, MA. (Ilmu Komunikasi). Adapun materi yang disampaikan yaitu Filmology: Indonesia dan Malaysia; Islam and Indonesian Historical Cultrure; Comparative Social System: Indonesia dan Malaysia; dan Integrated Social Laboratory.

Nurul Khotimah menambahkan, selain mengikuti perkuliahan mahasiswa UKM juga dikenalkan dengan UNY dalam sesi campus tour. “Pada sesi ini mahasiswa UKM diajak mengunjungi Museum Pendidikan Indonesia (MPI), Digital Library, Lab. Karawitan FBS UNY, dan Plaza UNY. Sesi ini bermanfaat mempromosikan UNY kepada mahasiswa asing sehingga diharapkan mahasiswa UKM dapat tertarik untuk studi S2 atau melakukan kegiatan akademik lainnya di UNY” ungkap dosen Pendidikan Geografi tersebut.

Dalam rangkaian kegiatan short course, lanjut Nurul Khotimah, mahasiswa UKM juga mengikuti kuliah lapangan dengan didampingi oleh mahasiswa FIS UNY. Adapun kuliah lapangan dilaksanakan di beberapa objek wisata seperti Candi Borobudur, Candi Ijo, Kraton, dan Tamansari. “Objek wisata tersebut sangat relevan menjadi destinasi kegiatan kuliah lapangan karena mengandung nilai-nilai sejarah yang dapat menambah pengetahuan mahasiswa tentang sejarah, kondisi geografis dan kondisi sosial masyarakat disekitarnya” imbuhnya

Melalui kegiatan short course ini, Nurul Khotimah berharap dapat memperkuat jalinan kerjasama antara FIS UNY dengan UKM sehingga kegiatan kerjasama akademik lainnya dapat dijalankan di waktu-waktu yang akan datang. “Semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan akademik lainnya antara FIS dan UKM Malaysia” tutupnya. (Eko)