PENELITIAN KERJASAMA INTERNASIONAL KOLABORASI UNY DENGAN UPSI MALAYSIA

Kewirausahaan merupakan salah satu kunci penting apabila suatu negara ingin berkembang dan maju. Pengembangan kewirausahaan dapat dilakukan dengan menjadikan kewirausahaan sebagai kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Oleh karena itu, dunia pendidikan memegang peran penting dalam pengembangan program kewirausahaan. Tak terlepas dari hal ini, universitas sebagai lembaga pendidikan memegang peran penting dalam upaya pengembangan program kewirausahaan. Hal inilah yang melatarbelakangi Dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan penelitian kerjasama internasional tahun 2019 tentang “Program Kewirausahaan Mahasiswa Universitas di Indonesia dan Malaysia: Kajian Perbandingan di UNY dan UPSI”. Adapun tim peneliti terdiri dari Dr. Taat Wulandari, M.Pd.(Fakultas Ilmu Sosial UNY), Anik Widiastuti, M.Pd. (Fakultas Ilmu Sosial UNY), Woro Sri Hastuti, M.Pd., (Fakultas Ilmu Pendidikan UNY), Dr. Norazlan Hadi Yaacob (Fakulti Sains Kemanusiaan, Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia)

Anik Widiastuti menjelaskan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kewirausahaan mahasiswa UNY Indonesia, program kewirausahaan mahasiswa UPSI Malaysia, faktor pendorong program kewirausahaan mahasiswa UNY dan UPSI, faktor penghambat program kewirausahaan mahasiswa UNY dan UPSI. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subek penlitian adalah Wakil Rektor I dan III, Wakil Dekan I dan III, dosen pengampu kewirausahaan, serta mahasiswa peserta program kewirausahaan di UNY dan UPSI.

“Target penelitian ini adalah diketahuinya program kewirausahaan yang diterapkan di UNY dan UPSI sehingga akan diungkap kelebihan dan kelemahannya untuk dikomparasikan sebagai bahan pengembangan model pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan model pendidikan kewirausahaan yang akan dikembangkan oleh peneliti yang merupakan kelanjutan dari penelitian di bidang pendidikan kewirausahaan yang telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya” ungkap Anik Widiastuti

Dosen Pendidikan IPS FIS UNY tersebut menambahkan, penelitian yang telah dilakukan adalah tentang implementasi pendidikan kewirausahaan dan analisis pendidikan kewirausahaan yang kemudian pada tahun ini dilanjutkan dengan komparasi program kewirausahaan mahsiswa di universitas yaitu UNY dan UPSI. Penelitian yang akan dilakukan ini diharapkan mendukung penelitian-penelitian sebelumnya yang kemudian diarahkan untuk menghasilkan model pendidikan kewirausahaan. (Eko)