AKREDITASI INTERNASIONAL ASIC, LANGKAH MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

Berbagai upaya telah dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mewujudkan World Class University (WCU) salah satunya adalah mengajukan akreditasi pada lembaga akreditasi Internasional ASIC (Accreditation Service for International Schools, Colleges & Universities). Pada Batch 2, Inspektur ASIC yang melakukan assessment terhadap program studi di UNY terdiri dari Lee Hammond dan Osman Suleman. Lee Hammond merupakan CEO ASIC yang  memiliki keahlian dalam bidang Education Management, Staff Development, Educational Leadership, Quality Assurance dan Higher Education. Sementara itu, Osman Suleman merupakan CEO of International Program Thongsook College.

Pada kesempatan tersebut Lee dan Osman melakukan penilaian kepada empat Program Studi (Prodi) di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY yang terdiri dari Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Pendidikan Sosiologi. Assessment oleh inspektur ASIC di FIS UNY dilaksanakan pada hari Kamis (19/9/2019) setelah sebelumya juga melakukan assessment pada 11 Prodi Pascasarjana UNY yaitu MP (S2 dan S3), PEP (S2 dan S3), PTK (S2 dan S3), TP, BK, LT, PIPS, dan IK.

Komponen yang dinilai inspektur ASIC meliputi Premises, Health, and Safety; Government, Management and Staff Resources; Learning, Teaching and Research Activities; Quality Assurance and Enhancement; Student Welfare; Award and Qualification; Marketing and Recruitment; dan System Management.

Penilaian inspektur ASIC di FIS UNY diawali dengan wawancara kepada jajaran pimpinan seperti Dekan,Wakil Dekan, Kabag, Kasubag dan Kaprodi.  “Kami datang kesini untuk melihat sejauh mana praktik pembelajaran, manajemen administrasi, dan aspek penting lain di kampus ini untuk memastikan bahwa kampus ini telah memenuhi standar yang diperlukan” jelas Osman

Selain jajaran pimpinan di FIS, Lee dan Osman juga melakukan wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni di FIS UNY. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan berkaitan dengan kenyamanan selama beraktivitas di kampus, prosedur keselamatan, fasilitas penunjang keselamatan dan lain sebagainya. Dalam kesempatan yang sama, Lee dan Osman juga melakukan observasi pembelajaran di FIS, inspeksi dokumen pendukung, dan melakukan site visit yakni mengunjungi dan melihat langsung beberapa fasilitas di FIS seperti laboratorium, ruang jurusan dan kantin. (Eko)