SHARING SESSION ANTARA FIS UNIVED DAN FIS UNY

Masing-masing Prodi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) memiliki laboratorium bahkan ada prodi yang memiliki lebih dari satu laboratorium misalnya Prodi Administrasi Publik memiliki Lab. Governance dan Lab. Public Policy. Prodi Pendidikan Geografi memiliki Lab. Geospasial, Geo Manusia dan Geo Fisik. Demikian disampaikan oleh Pratiwi Wahyu Widiarti, M.Si. saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan sharing session antara mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) Universitas Dehasen Bengkulu (Unived) dan FIS UNY di ruang Aula IsDB FIS UNY pada hari Selasa (29/10/2019). Kegiatan tersebut melibatkan dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik FIS UNY.

Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi FIS tersebut menambahkan, banyak kegiatan yang dilakukan di laboratorium guna mendukung proses belajar mengajar sehingga para dosen dan mahasiswa FIS UNY dan FIS Unived dapat saling sharing informasi terkait kagiatan lab. atau hal penting lain misalnya tentang managemen laboratorium.

Yuliardi Harjo Putra M.SI selaku Ketua Laboratorium Komunikasi FIS Unived menyampaikan apresiasi terhadap FIS terutama Prodi Ilmu Komunikasi dan Administrasi Publik atas kesempatan yang diberikan untuk sharing kegiatan akademik. “Kami sangat berterimakasih kepada FIS atas kesempatannya sehingga kami dapat diskusi dan sharing mengenai kegiatan akademik. Harapannya, ilmu yang kami peroleh dari diskusi kali ini dapat diterapkan di kampus kami” ungkapnya

Pada kesempatan yang sama, Gilang Jiwana Adikara, MA menjelaskan bahwa Prodi Ilmu Komumikasi FIS UNY aktif mengikuti forum-forum yang diselenggarakan oleh asosiasi misalnya oleh ASPIKOM sehingga kami dapat menjalin networking dan belajar dari forum tersebut.

Dosen Ilmu Komunikasi tersebut juga memaparkan mengenai perkuliahan pada Prodi Ilmu Komunikasi. “Selama perkuliahan mahasiswa dilibatkan secara aktif misalnya mahasiswa diberi tugas untuk melakukan wawancara praktisi kemudian mereka diminta mempresentasikan hasil wawancara di kelas sehingga mahasiswa dapat membuat kesimpulan tentang isu tertentu sesuai dengan perspektif mereka dengan didukung hasil wawancara yang mereka peroleh. Perkuliahan juga dilakukan secara online menggunakan sistem Be Smart dimana mahasiswa dapat submisi tugas, diskusi, dan belajar secara online” jelasnya

Ditambahkan oleh Pratiwi, mahasiswa Ilmu Komunikasi juga diberi kesempatan untuk magang atau praktek langsung misalnya mahasiswa yang mengambil konsentrasi komunikasi strategis melakukan praktek langsung sebagai volunteer di Wedding Organizer. Selain itu, mahasiwa juga praktek langsung pada mata kuliah MC dan Protokoler dengan dibimbing langsung oleh praktisi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dosen Administrasi Publik FIS, Dr. Marita Ahdiyana, M.Si. Ia menjelaskan bahwa perkuliahan Prodi Administrasi Publik juga melibatkan mahasiswa secara aktif. Mahasiwa juga menjadi pengurus laboratorium. Forum dikusi juga sering diselenggarakan dengan mengundang praktisi dan akademisi. Selain itu, mahasiswa juga diberi tugas langsung untuk menulis untuk di publish di media massa. (Eko)