PENELITIAN DI TENGAH PANDEMI : PENDIDIKAN GEOGRAFI ROAD TO PIMNAS 2021

Menjadi mahasiswa dituntut untuk bisa melakukan kegiatan penelitian yang bermutu sebagai salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) adalah dengan menggelar Seminar Kepenulisan Ilmiah. Acara ilmiah tersebut mengangkat tema “Penelitian di Tengah Pandemi: Road To PIMNAS 2021”. Acara yang dilaksanakan secara daring menggunakan Google Meet pada Sabtu (3/10) bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat, serta sebagai penyemangat mahasiswa untuk dapat mengharumkan  nama Universitas Negeri Yogyakarta dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke depan.
Seminar yang diprakarsai oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan HIMA Pendidikan Geografi menghadirkan dua pembicara yaitu; Dr. Bambang Syaeful Hadi, M.SI., M.Pd. Dosen Pendidikan Geografi UNY dan Roni Wijayanto, mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi angakatan 2017,  Peraih Medali Emas dalam PIMNAS 2019. Disampaikan Affandi, ketua pelaksanaan Seminar Kepenulisan Ilmiah,  acara ini  dihadiri 103 peserta baik yang berasal dari dalam maupun luar lingkungan FIS UNY. “Kami menargetkan sekitar 70 peserta, namun pada pelaksanaannya justru melebihi target itu diluar ekspektasi kami” ungkap Affandi. Ditunjang materi dan cara penyampaian yang kekinian dan santai menjadi daya tarik tersendiri sehingga mampu mengundang antusiasme para peserta selama mengikuti seminar.
Dr. Bambang Syaeful Hadi, menyampaikan tentang langkah-langkah melakukan penelitian. Bambang juga menyampaikan dampak pandemi terhadap riset serta bagaimana menyiasati penelitian di tengah pandemi. Penyampaikan materi ini selanjutnya dikuatkan dengan materi selanjutnya tentang pentingnya publikasi hasil pnelitian, salah satunya melalui ajang bergengsi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang disampaikan Roni Wijayanto dengan judul “Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bagi Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNY. Acara ini dapat berjalan lancar dengan didampingi oleh Muh Alfin Anafi sebagai moderatornya. (Ninik&Sari)