JALIN SILATURAHMI MASA KINI, HIMAKOM GELAR KOMPETISI E-SPORT

Olahraga elektronik atau dikenal dengan e-sport, merupakan kompetisi permainan video dengan pemain jamak (multiplayer) kini makin digemari. E-sport tidak hanya untuk hiburan dikala penat namun juga bisa untuk mengasah kemampuan berkompetisi dan juga mempererat tali silaturahmi, seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang mengadakan lomba e-sport dengan tema “Communication Battle Arena” pada Sabtu (10/10) lalu. Lomba e-sport tersebut dibuka hanya untuk mahasiswa sampai alumni Ilmu Komunikasi UNY saja, sebagai media silaturahmi karena lama tidak berjumpa,
Dijelaskan Fahry Adhimas Harenda, Kepala Divisi Minat dan Bakat (MIMA), “Alasan HIMAKOM mengadakan acara lomba tersebut berawal dari permintaan para mahasiswa yang di masa pandemi seperti ini tidak dapat mengadakan acara berkumpul secara luring sehingga akhirnya diadakan lah lomba e-sport dengan game Mobile Legend. Pemilihan game Mobile Legend tersebut hasil dari survei” ungkap Fahry. “Dengan adanya lomba tersebut juga mampu mengetahui bibit baru atau potensi, bakat teman-teman lain yang nantinya dapat diikut sertakan di turnamen antar kampus, mengasah kemampuan berkompetisi, selain itu juga dapat mempererat tali silaturahmi karena semua angkatan ikut sehingga dapat terus menyambung persaudaraan antar mahasiswa Ilmu Komunikasi” ungkap Fahry.
 Fahry juga menyampaikan kepuasannya dalam penyelenggaran kompetisi ini, “Dalam lomba e-sport kali ini, Alhamdulillah lumayan ramai meski dari lingkungan ilkom sendiri. Total peserta 50 orang, ada 10 team dengan masing-masing anggota berjumlah 5 orang.” Ungkap Fahry. Acara tersebut dimulai pukul 09.30 dan berakhir pukul 21.00 WIB, pertandingan dimulai dengan babak penyisihan yang masing-masing permainan menghabiskan waktu 30 menit – 1 jam, setelah selesai babak penyisihan berlanjut ke babak perempatan final yang dimulai setelah istirahat azan zuhur, lalu lanjut ke babak semifinal pukul 16.00-19.00, hingga berakhir final pukul 21.00. Pertandingan tentunya diadakan secara daring, namun pihak panitia menyiarkan dari lab jurusan Ilmu Komunikasi FIS untuk melakukan live streaming di youtube HIMAKOM UNY. Antusias audience yang menonton mencapai 1100 orang dan live chat ramai akan antusias audience. (Fatikha&Sari)