KENALKAN DAN ERATKAN MABA, HIMAKOM GELAR MAKRAB ONLINE

Makrab atau malam keakraban yang tidak asing didengar merupakan sebuah serangkaian acara dari pengenalan kampus bagi mahasiswa baru. Tentunya tujuan diadakan acara makrab tersebut untuk mengakrabkan sesama mahasiswa baru (MABA) dan juga para senior atau kakak tingkat di jurusan tersebut. Pandemi covid-19 ini tidak menjadi penghalang untuk diadakannya makrab, yang tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti acara Makrab yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), Himakom gelar acara makrab dengan tema “Renaissance 2020 - Your Vision Is Our Future” pada Sabtu (17/10) lalu. Acara tersebut diadakan secara daring menggunakan media zoom meeting untuk mahasiswa baru jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2020.
Lilian Ratu Lintang, Ketua Renaissance 2020 menjelaskan “Alasan acara makrab tetap dilaksanakan dengan daring karena mahasiswa baru perlu untuk mengenal satu sama lain terlebih mengenal teman-teman seangkatannya, yang nantinya tentu mereka akan berjuang berproses bersama diperkuliahan ini.” ungkap Lintang. “Acara makrab ini juga wajib karena ini salah satu rangkaian acara untuk mahasiswa baru juga karena mahasiswa baru memang perlu adanya kegiatan untuk lebih menyatukan angkatan, apalagi dari tiap kelas belum tentu mengenal dengan teman kelas lainnya, karena ini juga pandemi jadi belum pernah bertemu langsung (tatap muka-red)” ungkap Lintang.
Acara dipersiapkan dari pagi oleh tim panitia yang menyiarkannya dari kampus di laboratorium Ilmu Komunikasi.. Untuk kegiatan dalam acara makrab ada beberapa talkshow. Talkshow dari HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY) dan IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia), selain itu juga ada permainan dan penampilan mahasiswa baru dalam video yang di tayangkan secara virtual, mahasiswa baru tentunya menampilkan bakat-bakat hebat mereka. Kemudian terdapat sharing dengan alumni Ilmu Komunikasi yang membagikan pengalamannya kepada mahasiswa baru. Acara ditutup dengan video penutupan yang dibuat oleh panitia.
“Acara makrab daring ini tentu ada sedikit kesulitan karena baru pertama kali dilakukan, seperti di bagian teknis karena harus live streaming di zoom meeting dan youtube yang memerlukan teknis cukup sulit, akan tetapi hal tersebut bisa teratasi dengan adanya laboratorium Ilmu Komunikasi dan tim produksi dari laboratorium Ilmu Komunikasi sendiri.” ungkap Lintang. Lelah dari panitia acara terbayarkan dengan berjalannya acara makrab dengan lancar dan diikuti oleh antusisas mahasiswa baru Ilmu Komunikasi angkatan 2020. (ftk &Sari)