LAB ILKOM FIS UNY GELAR KLINIK METODOLOGI

Laboratorium Komunikasi dan Media (LKM) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) menyelenggarakan Klinik Metodologi Penelitian pada hari Selasa (30/03) pada pukul 13.00 WIB secara luring. Kegiatan yang diselenggarakan di laboratorium Ilmu Komunikasi (Lab Ilkom) tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menyediakan hand sanitizer. Klinik Metodologi dimaksudkan untuk menunjang pengetahuan tentang riset komunikasi. Hal ini akan menjadi panduan bagi asisten laboratorium dalam project riset selanjutnya.

Kegiatan ini mengundang Ketua Asisten Laboratorium tahun 2020, Febriansyah Kulau S.I.Kom., lulusan terbaik di FIS UNY pada wisuda periode Februari 2021. Selain itu, Klinik Metodologi tersebut juga didampingi oleh Awanis Akalili S.I.P., M. A, dosen Ilmu Komunikasi FIS UNY.

Iyan, sapaan akrab dari Febriansyah Kulau, memaparkan bahwa dalam menyusun riset, kita harus peka terhadap masalah yang ada di sekitar. Pada kesempatan itu, Iyan juga mengungkapkan “Penyusunan metodologi dimulai dari pendekatan penelitian, subjek atau objek penelitian, metode dan instrumen pengumpulan data, serta teknik analisis dan validasi data penelitian.” ungkapnya

Awanis, pada kesempatan ini juga mengatakan bahwa harapan dari output kegiatan ini adalah dipublikasikannya hasil penelitian berupa jurnal. Adanya kegiatan Klinik Metodologi ini, diharapkan dapat menjadi batu loncatan Asisten Laboratorium Komunikasi dan Media serta dapat mencapai tujuan bersama. (Amel/sari)