IDEOLOGI POLITIK

Penerbit: 
PUSTAKA PELAJAR

Ideologi tidak dapat dipisahkan dari pengalaman politik dunia modern, namun hanya beberapa teoretisi politik saja yang mampu menyuarakannya dengan baik. Ideologi  adalah kebalikan dari hal-hal yang utuh seperti kebenaran, sains, rasionalitas, objektivitas, dan filsafat. Ideologi itu menandai keyakinan maupun doktrin yang dogma-dogmanya melampaui jangkauan kritis atau selubung penutup bagi kepentingan individu maupun kelompok tertentu. Mengingat pengaruh konsepsi negatif tersebut, sering kali orang mengubur ideologi dalam-dalam. Akan tetapi seperti halnya sejarah dan politik, ideologi mempunya kemampuan untuk tampil kembali. Oleh karenanya, ideologi disebut sebagai sumber daya krusial untuk menata, mendefinisikan, bahkan mengevaluasi realitas politik dan menetapkan identitas politik.

Edisi kelima buku teks unggulan IDEOLOGI POLITIK ini memberikan pengantar yang jelas dan mudah dipahami tentang pernyataan keyakinan dan doktrin-doktrin politik yang mendominasi dan membentuk politik dunia. Edisi ini juga berusaha mengkaji secara khusus implikasi-implikasi bagi tradisi-tradisi ideologis besar terkait pertumbuhan pesat saling-keterhubungan dan saling-ketergantungan global. Kemunculannya telah mempengaruhi semua ideologi politik.

Berkisar dari ideologi-idoologi tradisional abad kesembilan belas, seperti liberalisme. konservalisme, dan sosialisme hingga ïdeologi-ideologi baru", seperti ekologisme,Islam politik,dan multikulturalisme,penulis memberikan eksposisi yang jelas tentang perkembangan sejarah setiap ideologi serta masing-masing dampaknya terhadap gerakan politik kontemporer,partai-partai,serta pemerintahan.Gagasan beserta nilai-nilainya yang  istimewa digarisbawahi,bersama dengan tradisi yang bersifat kompetitif dan kadang-kadang hasilnya bertentangan.

Karakteristik ideologi Barat klasik dan tradisi ideologi Barat yang berakar pada Revolusi Perancis dan Revolusi Amerika abad ke-18, diuraikan secara jernih dalam buku ini. Kemampuan untuk memahami pikiran kunci dan perkembangannya menjadi syarat dasar bagi kewarganegaraan di dunia modern. Buku ini menjadi pemandu bagi Anda untuk memahaminya.