Mahasiswa IAN Rancang Kegiatan "Share and charity"

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara A 2017 rancang kegiatan bakti sosial bertajuk Share and Charity di Yayasan Sayap Ibu, Jl. Rajawali No.3, Condongcatur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Senin (9/4/2018) pukul 10.00 – 12.00 WIB. Share and Charity (SnC) merupakan kegiatan bakti sosial kepada anak-anak yang terlantar, anak-anak yang kurang beruntung baik secara fisik, psikologi maupun material. Kegiatan SnC diawali dengan sambutan dari ketua panitia pelaksana dan pengurus Yayasan sayap ibu dilanjut sharing dan bermain dengan anak-anak Yayasan sayap ibu yang berusia antara 0-9 tahun. Banyak ilmu yang didapatkan dalam acara ini diantaranya nilai moral dan nasihat bagi para mahasiswa yang kelak menjadi orang tua. 

Keberhasilan acara bakti sosial ini tak luput dari saran dan dukungan dari Lena Satlita, M.Si selaku dosen mata kuliah manajemen. Lena juga turut hadir mendampingi para mahasiswa jurusan IAN A 2017 saat acara baksos berlangsung di sela-sela kesibukannya sebagai Wakil Dekan II FIS UNY. Dengan adanya kegiatan ini, Lena berharap agar mahasiswa dapat berlatih merancang sebuah kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan membuka hati para mahasiswa agar suatu saat nanti ketika mereka bekerja di pemerintahan sebagai pejabat dapat memperhatikan nasib para anak terlantar ketika membuat kebijakan.

“Menurut saya banyak pesan yang dapat kita ambil dari acara tadi. Acara tersebut membuka hati kita untuk berbagi kebahagiaan bersama anak panti. Acara tersebut juga bisa membuat kita bisa lebih bersyukur karena kita dilahirkan dengan normal dan memiliki orang tua. Banyak pesan juga yang disampaikan Pak Jumari kepada kita antara lain kita harus kuliah dengan baik, jangan melakukan hal hal yang bisa merugikan diri kita sendiri terutama orang tua. Orang tua kita sudah susah payah mencari uang untuk bisa membiayai kuliah kita. Maka, kita sebagai anak harus bisa kuliah dan belajar dengan baik supaya bisa lulus tepat waktu dan membuat bangga orang tua kita.” Ungkap syafiq hasan selaku ketua panitia SnC.

Syafiq menambahkan, pengumpulan dana dalam acara ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan. Penggalangan dilakukan dengan cara menyebar pamflet ke berbagai fakultas yang ada di UNY dan mempublish acara di media sosial seperti instagram dan whatsapp. Tanggapan dan respon para donatur sangat baik sehingga panitia dapat menggalang dana berupa uang tunai, susu, baju, dan perlengkapan anak-anak lainnya. (Dewi/Eko)