MODUL PEMBELAJARAN IPS KARYA MAHASISWA FIS UNY

Modul merupakan bahan ajar yang ditulis untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik. Modul pembelajaran telah dilengkapi petunjuk untuk belajar sendiri sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar tanpa kehadiran pengajar secara langsung. Beberapa Mahasiswa Pendidikan IPS program Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (KKT), Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) telah menghasilkan modul pembelajaran IPS untuk tingkat SMP. Modul tersebut berjudul Beringharjo Surga Belanja di Yogyakarta untuk kelas VIII oleh Yuni Astuti, Berwisata ke Candi Prambanan untuk kelas VII oleh Ari Wijayanti, Kali Code Sungai Harapan Kita untuk kelas VIII oleh Dewi Esty Handayani dan Berkunjung ke Pabrik Gula Gondang Baru untuk kelas VII oleh Joko Suranto.

Menurut salah satu penulis modul, Dewi Esty Handayani, tujuan penulisan modul tersebut adalah untuk menambah dan  melengkapi sumber belajar siswa SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) jurusan IPS sehingga akan membantu para siswa SMP untuk mempelajari materi pelajaran IPS. Hal senada diungkapkan oleh Joko Suranto, melalui modul yang ditulisnya tersebut ia berharap dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi pelajaran IPS.

Modul karya mahasiswa FIS tersebut disusun berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Perndidikan (KTSP) sehingga dapat membantu para siswa dalam mencapai kompetensi sesuai dengan yang diharapkan. “Disamping berisi penjabaran setiap kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, modul juga dilengkapi dengan latihan-latihan berupa pertanyaan dan tugas di akhir pembahasan”ungkap Ari.

Modul tersebut juga telah telah diujikan dihadapan dosen penguji tugas akhir program KKT FIS UNY sebagai syarat kelulusan mahasiswa program KKT dan layak diperbanyak. Para penulis berharap modul yang telah ditulis dapat dijadikan referensi oleh para mahasiswa lainnya untuk menulis modul-modul berikutnya sehingga mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan keilmuan IPS. (Eko)