Dua Mahasiswa FISE UNY Raih Banyak Prestasi

“Susah Terlalu Banyak Gagasan Brilian Kita Terbuang Ke Tong Sampah bernama LUPA Tulislah!” inilah motto hidup dari Epi Suhaepi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) sehingga Epi selalu rajin untuk mengirimkan hasil buah pemikirannya tersebut di sejumlah media massa cetak wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jakarta diantaranya; Kedaulatan Rakyat, Harian Jogja, Jogja Raya, Merapi, Suara Merdeka, Tribun Jogja, Merapi dan Suara Karya. Dalam mengirimkan hasil pemikiran kita memang dibutuhkan perjuangan jadi jangan pernah putus asa kalau belum dimuat di koran, ucap Epi saat ditemui di sela-sela upacara Yudisium Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FISE UNY) baru-baru ini di Ruang Ki Hajar Dewantara FISE UNY. Yudisium diikuti 204 orang peserta.

Dengan termuatnya tulisan di sejumlah koran tentunya akan mendapatkan honor tulisan tersebut dari media cetak dan Universitas. Dari honor yang diperoleh saya mampu membayar kuliah sendiri sehingga mulai tahun ke 3 kuliah di FISE UNY sudah tidak meminta uang dari orang tua. Dengan begitu saya bisa meringankan beban orang tua juga, ucap Epi yang sehari-hari orang tuanya bekerja sebagai wiraswasta di rumahnya dengan membuka warung.  

Pria yang bercita-cita sebagai Cendekiawan Muslim Indonesia ini pernah mengukir prestasi diantaranya; Juara II LKMM FISE UNY bidang Pendidikan 2010, Paper terbaik LKMM FISE UNY 2010, Juara II Lomba Artikel PBSI FBS UNY 2011, Juara I Lomba Artikel Pendidikan tingkat Mahasiswa Se-DIY 2011, Juara 1 Lomba Artikel KOPMA UNY 2011 dan Pemenang Harapan Lomba Esai Tingkat Nasional Minda Media Group. Selain itu Epi juga aktif berorganisasi diantaranya; HIMA PKnH, UKMF JM Al Islah FISE UNY, KOSSA, KBY DIY, KAMMI UNY, BEM FISE dan BEM REMA UNY.

Lain halnya dengan Panji Kusuma Mahasiswa Jurusan Akuntansi FISE UNY yang diyudisium saat itu, juga mempunyai berbagai prestasi yang pernah diraihnya diantaranya; Juara II Menyanyi Keroncong PEKSIMINAS (Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional) 2008, Juara I Campursari Se-Jateng 2009, Juara I Campursari Se-DIY 2010, Juara I Menyanyi Keroncong PEKSIMINAS 2010, Juara I Bintang Radio Kategori Lagu Pop Se-Jateng 2010 dan Juara I Lomba Jinggle Bodrex Se-Jawa 2011. (Isti)