SMA N 1 CIKIJING JABAR KUNJUNGI FIS UNY

Proses belajar mengajar tak selamanya dilaksanakan di dalam ruangan kelas, pengenalan terhadap kondisi luar khususnya wacana dunia universitas amatlah diperlukan. 140 siswa serta guru SMA Negeri 1 Cikijing, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY), Senin (28/12/2015).

Rombongan diterima oleh Staff ahli WD III FIS UNY Supardi, M.Pd., dan Tim Humas di Ruang Ki Hajar Dewantara Lt. 2 Dekanat FIS UNY. Ketua rombongan Drs. Junanda, M.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas) dan Kepala Sekolah SMA Negeri Cikijing H. Ajid Mansur, S.Pd., M.Pd., mengatakan, pihaknya datang  dari pelosok Jawa Barat dengan harapan mendapatkan informasi tentang UNY secara umum serta penerimaan mahasiswa baru di UNY secara khusus. Dengan kegiatan seperti ini pihak sekolah berharap para peserta didik dapat termotivasi melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi).

“Penerimaan mahasiswa baru 2015 di UNY melalui tiga jalur,” kata Supardi. Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan daya tampung sekitar 50%. Seleksi ini didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat. Semua pendaftar SNMPTN bebas dari biaya pendaftaran. Tahun 2012 lalu ini namanya SNMPTN Jalur Undangan.

Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan daya tampung sekitar 30%. Seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama persis seperti SNMPTN Jalur Ujian Tulis 2012. Namun tahun 2013 namanya berubah menjadi SBMPTN. Ketiga, Seleksi Mandiri (SM) yang merupakan seleksi mandiri UNY dengan daya tampung sekitar 20%. Seleksi ini baru digelar setelah SNMPTN dan SBMPTN diumumkan hasilnya.

Supardi dalam sambutannya mengenalkan semua jurusan yang ada di FIS UNY dan menginformasikan tentang sarana dan prasarana yang dimiliki fakultas. Beliau juga memaparkan tentang animo masuk ke prodi-prodi di lingkungan FIS UNY. Menurut Supardi animo siswa untuk masuk ke beberapa jurusan di FIS UNY sangat tinggi seperti Jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Negara. Walaupun untuk Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang baru berdiri.

Supardi menambahkan beberapa alasan mengapa memilih UNY yakni kampus yang mengembangkan pendidikan karakter dalam kehidupan akademis maupun non akademis dengan jargon leading in Character education, lingkungan kampus hijau dan bersih sehingga suasananya nyaman (green and clean university), hampir semua program studi terakreditasi dan terdapat program beasiswa dan, kampus multikultur/ Bhineka Tunggal Ika (mahasiswa dari 33 provinsi & sejumlah negara).

kegiatan ini memang menarik apalagi yang benar benar ingin masuk ke universitas negeri seperti UNY. Dan pastinya kegiatan ini dapat memotivasi siswa. Pada season tanya jawab ada beberapa doorprize bagi siswa yang bertanya. (Danu)